Jaga fungsi drainase cegah banjir di Palangka Raya

id Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu ,Palangka Raya,Kalteng,Banjir ,Drainase

Jaga fungsi drainase cegah banjir di Palangka Raya

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hera Nugrahayu mengajak masyarakat di daerah setempat untuk menjaga fungsi drainase untuk mencegah terjadinya banjir ketika hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Salah satu mencegah terjadinya banjir yang disebabkan air hujan yakni fungsi drainase benar-benar harus dipelihara dengan baik, agar drainase bisa menampung air dengan baik," kata Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Hera menekankan, bahwa saluran drainase yang tersumbat tentunya menjadi salah satu penyebab utama terjadinya banjir, terutama saat hujan lebat. Maka dari itu, menjaga kebersihan dan kelancaran aliran air pada drainase merupakan langkah yang sangat efektif dalam mencegah banjir tersebut.

Ia juga menyebutkan, pemerintah setempat juga terus melakukan upaya-upaya dalam menanggulangi banjir. Langkah-langkah tersebut mencakupi pemeliharaan dan pembersihan saluran drainase secara berkala, peningkatan kapasitas saluran serta pembangunan sistem pengelolaan air yang lebih baik.

"Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam menanggulangi banjir di Kota Palangka Raya. Namun, tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, upaya-upaya ini tidak akan berhasil dengan baik. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan," tutupnya.

Sebelumnya, personel dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Palangka Raya juga gencar melakukan pembersihan sedimen saluran drainase yang mengalami penyumbatan.

Saluran drainase yang menjadi titik fokus BPBD Palangka Raya dibersihkan yakni sepanjang Jalan Seth Adji. Bahkan pihaknya juga akan melakukan pembersihan di sejumlah titik yang dimana dianggap rawan terjadi banjir dan fungsi drainase tidak berfungsi dengan baik.

Sebab apabila terjadi banjir, tentunya aktivitas masyarakat setempat juga terganggu dan juga dapat membahayakan pengguna jalan tersebut.