Pemkot Palangka Raya optimalkan peran kader posyandu cegah stunting

id Pemkot Palangka Raya optimalkan peran kader posyandu cegah stunting, kalteng, Palangka raya, kesehatan

Pemkot Palangka Raya optimalkan peran kader posyandu cegah stunting

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya mengoptimalkan peran kader pos pelayanan terpadu (posyandu) dalam upaya mencegah stunting di kota setempat.

"Melalui Gerakan Mengukur dan Menimbang Massal (Gemas) Balita memaksimalkan peran kader Posyandu dalam mencegah dan menangani stunting," kata Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Di Kota Palangka Raya, sendiri terdapat 665 kader Posyandu yang tersebar di 30 kelurahan di kota setempat. Melalui Gemas Balita ini pihaknya juga berharap para kader posyandu dapat memastikan status gizi semua anak terukur dan mendapatkan intervensi yang tepat.

Hera mengatakan, Gemas Balita ini merupakan langkah konkret Pemkot Palangka Raya melalui peran kader posyandu untuk melakukan pemantauan gizi anak-anak secara massal dan memberikan intervensi sesuai kebutuhan masing-masing anak.

Dalam rangka memaksimalkan program ini, pemkot setempat juga melaksanakan pertemuan dengan 665 kader posyandu se Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pengelolaan sampah di Palangka Raya didukung 65 unit bank sampah

Dia mengatakan, kader posyandu merupakan garda terdepan dalam upaya percepatan penurunan stunting karena mereka memiliki peran yang krusial dalam memberikan pendampingan, edukasi, dan pemantauan kesehatan kepada ibu hamil dan balita.

"Kader posyandu menjadi tulang punggung Pemkot Palangka Raya dalam memastikan kesehatan dan perkembangan optimal anak. Maka pertemuan ini sebagai wadah peningkatan kapasitas SDM kader sehingga data dan informasi kesehatan yang disajikan benar-benar data yang dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3APM) Kota Palangka Raya, M Fitriyanto Leksono mengatakan, pertemuan ini menjadi momentum penting bagi para kader posyandu untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan guna meningkatkan efektivitas program Gemas Balita.

“Dengan kolaborasi yang kuat, kami yakin dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam upaya meningkatkan kesehatan generasi masa depan,” katanya.

Fitriyanto juga menyebutkan bahwa ada beberapa poin penting yang menjadi tujuan pertemuan tersebut. Pertama, kader posyandu mampu melakukan pengukuran, penimbangan, dan pencatatan dengan tepat serta kader posyandu memiliki peta target sasaran.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-Baznas kolaborasi penanganan kemiskinan ekstrem

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital siswa SMA

Baca juga: Jaga fungsi drainase cegah banjir di Palangka Raya