Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital siswa SMA

id Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital siswa SMA, kalteng, Palangka raya, pendidikan

Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital siswa SMA

Diskominfo melaksanakan program literasi digital di salah satu SMA di Kota Palangka Raya. ANTARA/HO-Diskominfo Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya meningkatkan literasi digital kepada siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) setempat.

"Salah satu upaya tersebut adalah dengan melaksanakan sosialisasi literasi digital melalui program Kominfo Goes To School. Program ini kami mulai di SMA Negeri 4 Kota Palangka Raya dan akan berlanjut ke sekolah lainnya," kata Kepala Diskominfo Palangka Raya, Saipullah di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengatakan, peningkatan literasi digital ini bertujuan mewujudkan masyarakat cerdas di Kota Palangka Raya, termasuk memastikan generasi muda melek teknologi informasi. Kemampuan literasi digital menjadi kemampuan strategis yang harus dimiliki saat ini.

“Generasi muda saat ini harus mampu menggunakan teknologi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal,” katanya.

Sekretaris Diskominfo Palangka Raya, Normalasari menambahkan, banyaknya konten negatif saat ini yang tersebar di masyarakat juga harus diwaspadai dan diantisipasi sejak dini.

Keberadaan konten negatif dapat merusak ekosistem digital yang saat ini hanya bisa ditangkap dengan membangun kesadaran dari tiap-tiap individu.

“Banyak informasi-informasi negatif yang bertebaran dan itu perlu diantisipasi dengan memiliki kemampuan dalam memilah, memilih dan membaca secara analitik agar mendapatkan informasi yang benar dan valid,” katanya.

Baca juga: Sentra Gakkumdu Palangka Raya tangani dugaan tindak pidana pemilu

Selain itu, Normalasari menjelaskan bahwa kemampuan mencari sumber informasi yang bisa dipertanggungjawabkan menjadi sangat penting di tengah percepatan teknologi digital saat ini.

Terlebih, berdasarkan sumber dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), saat ini pengguna internet Indonesia di tahun 2024 telah mencapai 79,5 persen atau sekitar 221 juta jiwa pengguna internet aktif.

Untuk itu, melalui program Kominfo Goes To School ini, baik siswa dan guru sebagai pengguna internet mampu menggunakan internet lebih bijak serta bertanggung jawab dalam bermedia sosial.

Dia pun berharap, melalui literasi dan peningkatan kemampuan kognitif dalam program kecakapan digital tersebut, pelajar semakin berperan serta dalam mencegah penyebaran berita bohong di masyarakat dan meminimalkan dampak penggunaan internet yang salah.

Literasi digital di sekolah juga diharapkan mampu membuat siswa, guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah, memiliki kemampuan untuk mengakses, memahami, serta menggunakan media digital, alat komunikasi dan jaringannya.

"Selain itu juga mampu memproduksi konten-konten yang positif untuk diunggah ke media sosial sehingga memberi dampak baik bagi para pengguna internet,” katanya.

Baca juga: Jaga fungsi drainase cegah banjir di Palangka Raya

Baca juga: Stok gas elpiji subsidi di Palangka Raya aman selama Ramadhan 1445 H

Baca juga: DPKUKMP pastikan Distribusi bahan pangan ke Palangka Raya aman jelang Ramadhan