Perum LKBN ANTARA sediakan tiket gratis melalui "Mudik Asik Bersama BUMN"

id Perum LKBN ANTARA ,Mudik Gratis,Kalteng,kereta api,Mudik Asik Bersama BUMN,Akhmad Munir

Perum LKBN ANTARA sediakan tiket gratis melalui "Mudik Asik Bersama BUMN"

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir memaparkan materi pada Forum Bisnis ANTARA 2024 di Medan, Sumatera Utara, Selasa (5/3/2024). Forum bisnis ANTARA 2024 yang mengangkat tema "Prospek Ekonomi dan Komoditas di Masa Transisi 2024" tersebut dihadiri 144 perusahaan BUMN dan swasta yang berasal dari Aceh, Sumatera Barat, Riau dan Sumatera Utara. ANTARA FOTO/Yudi Manar/tom.

Jakarta (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA turut mengambil bagian dalam pelaksanaan program "Mudik Asik Bersama BUMN" tahun ini dengan menyediakan tiket mudik gratis menggunakan moda transportasi kereta api.

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir mengatakan bahwa ANTARA berkomitmen untuk terus peduli akan kebutuhan transportasi pemudik dalam merayakan Lebaran di kampung halaman.

"Diharapkan program ini dapat turut membantu pemerintah dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri dan dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh tiket mudik," kata Munir melalui keterangan di Jakarta, Rabu.

"Mudik Bersama ANTARA 2024" dijadwalkan akan berangkat pada 6 April 2024 menggunakan Kereta Api Gumarang kelas bisnis dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta menuju Stasiun Pasar Turi, Surabaya.

Baca juga: Mudik gratis bersama BUMN

Adapun titik pemberhentian pada keberangkatan tersebut adalah Bekasi, Jatibarang, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat dan Lamongan.

Pendaftaran mudik gratis ini dibuka pada 1 Maret 2024 dengan kuota 60 peserta dan langsung terisi penuh hanya dalam waktu dua jam karena antusiasme yang tinggi.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan program mudik gratis merupakan bentuk komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Erick mengatakan, BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus meningkatkan kinerja dan membuat program yang berpihak kepada masyarakat.

Program ini juga menjadi komitmen Kementerian BUMN dan korporasi yang konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik.

Baca juga: Salah satu korban penipuan jadi peserta program arus balik gratis

Dengan adanya program ini, diharapkan akan tercipta perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi para pemudik.

Menteri BUMN pun telah memastikan bahwa semua persiapan untuk program mudik bersama tahun ini dilakukan dengan baik, mulai dari penyiapan armada transportasi, pengaturan rute perjalanan, hingga penyediaan fasilitas dan pelayanan yang memadai selama perjalanan.

Baca juga: Pemudik antusias ikuti Mudik Gratis Kalteng Berkah 2023

Tahun ini, sebanyak 84 perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN, telah siap menyambut dan melayani sebanyak lebih dari 80.215 pemudik. Angkutan mudik terbagi ke dalam tiga moda transportasi yaitu 1.225 unit bus, 60 unit kereta api dan 15 unit kapal laut, dengan tujuan lebih dari 200 Kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pendaftaran Mudik Bersama BUMN telah dimulai sejak 1 Maret 2024 dan dilakukan melalui platform masing-masing BUMN. Masyarakat dapat mengikuti kegiatan program Mudik Bersama BUMN tanpa dipungut biaya.