Apple Podcast hadirkan fitur transkrip

id apple podcast,fitur transkrip

Apple Podcast hadirkan fitur transkrip

Apple Podcast. ANTARA/APPLE

Jakarta (ANTARA) - Apple memperkenalkan fitur transkrip untuk Apple Podcasts, sebuah fitur baru inovatif yang membuat podcast lebih mudah diakses dan lebih mudah dinavigasi.

Dengan transkrip, pengguna dapat membaca teks lengkap dari sebuah episode siaran podcast, mencari kata atau frasa tertentu, dan mengetuk teks untuk memutar podcast dari titik tersebut dalam episode. Saat episode diputar, setiap kata akan disorot, sehingga mudah diikuti.

“Transkrip di Apple Podcasts merupakan komitmen Apple untuk membuat produk dan layanan bagi semua orang, kami sangat senang dapat menyediakan transkrip secara luas untuk semua orang, menambahkan lapisan aksesibilitas tambahan pada pengalaman mendengarkan Podcast,” kata Direktur Senior Apple, Global Accessibility Policy & Initiatives Sarah Herrlinger melalui rilis pers di situs resmi Apple, Senin (5/3).

Baca juga: Apple batalkan pesanan microLED untuk Apple Watch Ultra 3

Transkrip dapat meningkatkan pengalaman podcast pengguna dengan berbagai cara, membantu mereka menangkap setiap kata dari pembawa acara favorit mereka, mempelajari bahasa baru, dan lebih mudah menemukan fakta yang mereka dengar dalam sebuah episode.

“Pengguna dapat mengakses transkrip episode dari sudut kiri bawah pada layar Now Playing, dengan menggunakan iPhone dan iPad dengan iOS 17.4 dan iPadOS 17.4,” ujar Herrlinger.

Transkrip dibuat untuk memperkuat aksesibilitas. Jenis huruf dan kontras warna dirancang untuk membuat teks yang panjang menjadi lebih mudah dipindai dan dibaca. Pengguna disabilitas atau memiliki gangguan pendengaran juga dapat mengakses transkrip tanpa harus menekan tombol putar pada episode.

Baca juga: Kini Apple CarPlay+ hadir di Porsche Taycan terbaru

Fitur ini akan tersedia untuk Apple Podcast di lebih dari 170 negara, ditulis dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol, tetapi tidak akan menerjemahkan transkrip podcast dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Meskipun transkrip nyaman bagi pengguna, banyak penyiar podcast mewaspadai kesalahan yang dapat terjadi dengan alat transkripsi otomatis. Apple tampaknya telah mempersiapkan hal ini.

Penyiar yang tidak ingin menggunakan transkripsi otomatis dari Apple dapat memilih untuk mengunggah transkrip mereka sendiri melalui tag RSS atau di Apple Podcasts Connect untuk episode premium, atau mereka dapat mengunduh dan mengedit transkrip Apple sebelum mengunggah ulang.

Baca juga: Apple akan luncurkan iOS 17.3, hadirkan perlindungan perangkat dicuri

Baca juga: Apple perluas kapasitas layanan 'Find My' hingga 32 perangkat

Baca juga: Kini Apple TV dapat menggunakan VPN