Pengamat menilai STY malas ikuti Liga 1

id Shin Tae-yong,Tommy Welly, Liga 1

Pengamat menilai STY malas ikuti Liga 1

Arsip-Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan pemainnya saat latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/spt/aa. (ANTARA FOTO/YUSRAN UCCANG)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat sepak bola Tommy Welly menilai pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong malas mengikuti Liga 1 karena merasa mendapat dukungan penuh dari PSSI.

Dukungan itu bisa dalam bentuk kerap dikabulkannya permintaan pemain-pemain naturalisasi atau berdarah Indonesia sesuai permintaan pelatih asal Korea Selatan itu.

Sosok yang akrab disapa Bung Towel itu mengingatkan bahwa Shin pernah mengkritisi Liga 1 seusai memimpin tim di Piala Asia 2023.

Namun saat Liga 1 kembali bergulir pada Februari lalu, Shin malah berlibur ke kampung halamannya, sekaligus menjalankan pekerjaan sampingan sebagai Ketua Komite Penasehat Seongnam FC.

“Bisa dibilang STY terlalu malas untuk nongkrongin pertandingan Liga 1 langsung ke stadion-stadion. Jadi jangan heran, jika tidak ada nama baru dari skuad timnas yang dipanggil STY menghadapi lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026, “back to back” lawan Vietnam, di GBK dan Stadion My Dinh Hanoi. Istilahnya yang itu-itu lagi saja,” kata Tommy melalui pernyataan yang diterima pewarta dari pesan singkat.

Tommy juga menilai akibat kemalasan Shin meninjau langsung performa para pemain di liga domestik, maka sejumlah pemanggilan pemainnya dapat dipertanyakan. Seperti pemanggilan kiper Adi Satryo dan Wahyu Prasetyo asal PSIS, yang sempat membuat kesalahan saat membela timnya melawan Persib Bandung, akhir Februari lalu.

Lebih jauh, Tommy merasa bahwa pemain-pemain naturalisasi selalu menjadi senjata Shin. Maka setelah Shin kembali ke Jakarta usai berlibur, ia langsung terbang lagi ke Belanda, Belgia, dan Italia.

Namun Shin cukup beruntung, karena PSSI juga sangat responsif dalam merespon permintaan sang pelatih agar Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe A-On dapat segera dinaturalisasi.

Faktanya urusan birokrasi di DPR RI, pengambilan sumpah WNI, pembuatan KTP dan paspor, serta perpindahan federasi ketiga pemain itu memang berlangsung cukup cepat. Nathan bahkan menjalani pengambilan sumpah di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Senin (11/3) lalu.

"Bayangkan, Senin 11 Maret itu tanggal merah, hari libur nasional yaitu Hari Suci Nyepi. Tapi demi timnas dan permintaan STY, sumpah terhadap Nathan Tjoe A-On bisa dilaksanakan. Sebuah extra effort dan lobi yang sangat powerful," ucap Tommy.

Sayangnya dengan berbagai dukungan dan kemudahan tersebut, Tommy menilai Shin keliru saat mengatakan tidak bisa menjanjikan kemenangan atas Vietnam.

“STY seolah tak paham support ekstra PSSI ini. Dengan mengatakan tak bisa menjamin 100 persen kita bisa memenangkan dua pertandingan tersebut.Ini jelas seperti dua frekuensi yang tidak seirama. Kalau cuma ngomong tidak bisa menjamin 100 persen menang dari Vietnam, siapapun pelatihnya pasti bisa. Tapi ini kan STY yang katanya kelas dunia dan sudah dibekali PSSI dengan gerbong naturalisasi bedol Belanda- nya,” ucap Tommy. 

"STY meminta naturalisasi, lalu sudah diupayakan sedemikian rupa oleh PSSI dan politisi di DPR RI, tapi juga menjadikan penerbangan pemain naturalisasi Eropa – Jakarta sebagai alasan," pungkasnya.