Meilysa/Rachel juara Orleans Masters

id Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose,juara, Orleans Masters 2024

Meilysa/Rachel juara Orleans Masters

Ganda putri Indonesia Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose saat berdiri di podium kemenangan Orleans Masters 2024 di Prancis, Minggu (17/3/2024). (X/INABadminton)

Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose keluar sebagai juara turnamen BWF Super 300 Orleans Masters 2024, setelah memenangkan laga final atas unggulan keempat asal Jepang Rui Hirokami/Yuna Kato 21-12, 21-18, Minggu.

Pertandingan final yang berjalan selama 56 menit itu berlangsung cukup alot, dimana kedua pasangan unggulan tersebut bisa saling mengimbangi kedudukan dengan baik.

Pada gim pertama, Meilysa/Rachel yang turun sebagai unggulan keenam, mampu memegang dominasi dengan solid. Berdasarkan statistik resmi, pasangan Indonesia bahkan merebut interval gim pertama dengan skor 11-4 atas Hirokami/Kato.

Selepas turun minum, peraih medali perak SEA Games 2023 Kamboja itu tidak mengendurkan semangat mereka dan terus memegang kontrol permainan atas pasangan Jepang, hingga akhirnya kemenangan gim pertama pun diraih dengan skor 21-12.

Baca juga: Jonatan rebut gelar tunggal putra All England

Baca juga: Fajar/Rian pertahankan gelar All England


Berbeda dari gim pertama, gim kedua berlangsung lebih alot. Hirokami/Kato yang sempat tertinggal tipis, perlahan mulai mengejar ketertinggalan mereka di awal gim kedua dengan skor sementara 7-4, 10-7. Dengan gigih, Meilysa/Rachel mulai mengoleksi empat poin beruntun sampai merebut interval dengan margin tipis 11-10.

Perebutan angka kembali sengit, dan kedua pasangan saling bergantian untuk memegang keunggulan. Saat papan skor menunjukkan angka 16-16, pasangan Indonesia terus mencoba mengendalikan pertandingan, sampai akhirnya kemenangan pun diraih dengan skor 21-18.

Tak hanya Meilysa/Rachel, dua wakil Indonesia lainnya di final Orleans Masters 2024 juga membawa pulang medali. Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus puas keluar sebagai runnerup setelah kalah dari pasangan China Cheng Xing/Zhang Chi melalui rubber game ketat 21-16, 18-21, 15-21.

Selain itu, ada juga ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani yang pulang dengan medali perak setelah menelan kekalahan dari pasangan Malaysia Choong Hon Jian/Muhammad Haikal lewat rubber game 15-21, 21-18, 14-21.

Beralih ke Hanoi, debutan ganda campuran Amri Syahnawi/Indah Cahya Sari Jamil juga keluar sebagai runnerup Vietnam International Challenge 2024 usai kalah dari wakil Thailand Pakkapon Teeraratsakul/Muenwong Phataimas 19-21, 12-21.