Ketersediaan daging sapi di Palangka Raya aman sampai Idul Fitri

id Daging Sapi ,Palangka Raya ,Kalteng ,Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah ,Sekretaris DPKUKMP PAlangka Raya Hadriansyah

Ketersediaan daging sapi di Palangka Raya aman sampai Idul Fitri

Pedagang daging sapi di Pasar besar Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengatakan bahwa ketersediaan daging sapi di daerah setempat aman hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Untuk ketersediaan daging sapi di Kota Palangka Raya hingga Hari Raya Idul Fitri nantinya aman dan tidak akan kekurangan," kata Sekretaris DPKUKMP Kota Palangka Raya, Hadiansyah di Palangka Raya, Senin.

Dia menuturkan, untuk harga daging sapi di Pasar Besar Palangka Raya saat ini berada di harga Rp135.000 per kilogram. Harga tersebut sama sekali tidak ada perubahan harga dan tetap stabil sejak beberapa hari yang lalu.

Meskipun menjelang Idul Fitri, harga kebutuhan bahan baku di pasar tersebut tetap dan tidak ada kenaikan. Bahkan ketersediaan sejumlah komoditas juga tetap aman.

"Untuk daging sapi ini biasanya sengaja didatangkan oleh para pedagang ada dari Pulau Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara sehingga ketersediaan stok daging di Palangka Raya aman," katanya.

Diakui Hadriansyah juga, untuk permintaan daging sapi di Pasar Besar Palangka Raya cukup tinggi selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah tersebut.

Permintaan mengalami kenaikan, tentunya diakibatkan kegiatan masyarakat di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah tersebut seperti buka puasa bersama di kantor, kegiatan selamatan serta pedagang untuk jualan juga imbasnya.

"Yang terpenting itu adalah ketersediaan daging sapi di daerah kita aman dan tidak ada mengalami kekosongan. Kalau kosong tentunya harga daging sapi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, karena sulit didapatkan," katanya.

Dia menuturkan, berdasarkan pantauan di lapangan harga bahan pangan seperti bawang merah berada di harga Rp33.000 per tanggal 22-25 Maret harga tidak ada kenaikan.

Sedangkan harga cabai rawit merah saat ini berada di harga Rp60 ribu juga tidak ada kenaikan, cabai hijau berada di angka Rp40.000 per kilogram. Begitu pula dengan harga daging ayam broiler kini berada di angka Rp40.000 harga tersebut juga bertahan sejak 22-25 Maret 2024.