Daftar destinasi teratas Arab Saudi untuk masuk dalam daftar perjalanan

id arab saudi,wisata arab saudi,destinasi wisata

Daftar destinasi teratas Arab Saudi untuk masuk dalam daftar perjalanan

Ilustrasi peta Arab Saudi (ANTARA/Pexels/Lara Jameson)

Jakarta (ANTARA) -
Arab Saudi merupakan negeri tempat sejarah, tradisi, dan keindahan alam yang menyatu dalam sebuah permadani pengalaman yang tak terlupakan.

Laman Hindustan Times pada Sabtu (24/3), merekomendasikan lima destinasi teratas di Saudi yang bisa anda kunjungi untuk mendapat beragam pengalaman.

1. Private tour kereta kuda di Hegra

Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Saudi, Hegra adalah tujuan ideal bagi pecinta alam dan penggemar ekowisata. Meliputi 52 hektar, destinasi ini menampilkan 131 makam menakjubkan dan formasi batuan yang tak terhitung jumlahnya.

Pengunjung yang mencari pengalaman eksklusif dapat menaiki kereta kuda dan menyaksikan langit malam Hegra yang indah sebagai bagian dari tur pribadi. Di sini, Rawi atau pendongeng setempat akan memandu wisatawan dan memberikan pengetahuan mendalam tentang sejarah Hegra yang menakjubkan. 

Baca juga: Agoda luncurkan destinasi 'hidden gem', tujuan baru bagi wisatawan

2. Pengalaman musim dingin di Arab Saudi

Wilayah utara di Saudi memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan semak-semak beku dan puncak gunung yang diselimuti salju sambil menyaksikan unta-unta berjalan melewati kesibukan musim dingin yang ajaib.

Rayakan debu musiman seperti penduduk setempat dengan berkendara ke barat laut Tabuk atau menaiki unta Arab untuk pengalaman cuaca musim dingin yang tidak akan Anda lupakan. Kemudian, pilihlah dari beragam aktivitas musiman lainnya, termasuk hiking, berkemah, dan naik kereta luncur.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah bertualang ke Jabal Al Lawz, yang berarti “Gunung Almond” dalam bahasa Arab. Berukuran 2.549 meter, ini adalah gunung tertinggi di Provinsi Tabuk dan satu-satunya tempat di Saudi yang turun salju hampir setiap tahun, menjadikannya sempurna untuk pendakian musim dingin.

Baca juga: Jakarta, Jepang dan Bali jadi lokasi favorit liburan orang Indonesia

3. Gunung Al Qarah

Terletak hanya 25 menit berkendara ke timur dari Al Hofuf menuju Taman Nasional Al Ahsa adalah desa Al Qarah beserta gunungnya. Di puncak Gunung Al Qarah yang menakjubkan, penafsiran bahasa Arab terhadap nama-nama tempat di dekatnya mempunyai arti yang sangat penting.

Al Ahsa, sebutan untuk kegubernuran, berarti 'sungai yang mengalir', sedangkan Hofuf, kota utama, berarti 'angin bersiul'. Puncak ini berada di ketinggian 75 meter dari permukaan jalan dan 205 meter di atas permukaan laut, namun untuk mencapai puncaknya tidak memerlukan usaha yang signifikan, menawarkan pemandangan 360 derajat Al Ahsa yang tak tertandingi.

Yang membuat pengunjung terkesima bukan hanya pemandangan dari puncak gunung, tapi juga gua-gua mistisnya. Gua-gua tersebut merupakan hasil dari Gunung Al Qarah yang terletak di perbatasan timur dataran tinggi Shadqam, menghubungkan ke Kuwait dan Irak di utara dan gurun Rub Al Khali di selatan.

Pelapukan sub-udara, yang dibentuk oleh hujan dan sungai, bukan air tanah, telah menghasilkan lengkungan, gua, dan bentuk mirip jamur yang khas. Proses ini juga menciptakan ngarai sempit dan jalur interior tinggi di dalam gunung yang wajib dilihat.

Baca juga: Berikut destinasi pilihan untuk lakukan perjalanan sendiri

Baca juga: Arab Saudi berupaya tarik empat juta pengunjung China


4. Menjelajahi sejarah Saudi di Diriyah

Terletak di distrik bersejarah Diriyah adalah Bujairi Terrace, tujuan bersantap mewah premium dengan kurasi 20 restoran dan kafe indah yang menghadap ke Situs Warisan Dunia UNESCO, Al-Turaif, tempat kelahiran Saudi.

5. Melihat tepi Laut Merah

Laut Merah terkenal dengan bentang alamnya yang asri dengan sistem terumbu karang penghalang terbesar keempat di dunia, 90 pulau yang belum terjamah, pegunungan, dan hutan bakau, semuanya di satu tempat. Ini adalah tujuan terpadu untuk petualangan, hiburan, dan pengalaman unik yang memperkaya.

Seseorang juga mendapat kesempatan untuk melihat penyu, gurita, dan ikan langka serta menikmati aktivitas air termasuk snorkeling, selam scuba, kayak, dan berperahu pesiar.

Laut Merah memang merupakan tempat yang sempurna untuk ekspedisi scuba diving untuk menjelajahi bangkai kapal dan lokasi penemuan di dekatnya. Orang dewasa juga dapat melakukan flyboard melawan indahnya matahari terbenam di Laut Merah.

Baca juga: Produk jamu herbal asal Indonesia diincar importir Arab Saudi

Baca juga: Ini penyebab film 'Lightyear' dilarang tayang di Arab Saudi