Berikut penjelasan Disdik-Bank Kalteng tentang penyaluran beasiswa Tabe

id pemprov kalteng, dinas pendidikan kalteng, kepala dinas pendidikan reza prabowo, beasiswa tabe, bank kalteng, direktur utama bank kalteng, marzuki, be

Berikut penjelasan Disdik-Bank Kalteng tentang penyaluran beasiswa Tabe

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Reza Prabowo bersama Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng Marzuki menunjukkan kartu yang diperuntukkan bagi penerima beasiswa Program Tabe. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah bersama Bank Kalteng menerima sejumlah perwakilan dari mahasiswa untuk membahas tentang perkembangan penyaluran beasiswa dari Program Tabe Berkah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Reza Prabowo bersama Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng Marzuki di Palangka Raya, Kamis, menerima langsung dan memberikan penjelasan kepada para mahasiswa.

"Kita sudah bertemu mahasiswa. Kita sudah menjawab berbagai pertanyaan yang mereka sampaikan, baik tentang mekanisme dan lainnya yang berkaitan Program Tabe. Kami sudah bersepakat dengan mahasiswa, pencairan selambat-lambatnya Insha Allah di 31 mei 2024," terang Reza.

Baca juga: Gubernur Kalteng: Pembangunan RMU wujudkan kemandirian pangan

Reza menjelaskan, sebagaimana harapan Gubernur Sugianto Sabran yang ingin agar penyaluran beasiswa dari Program Tabungan Beasiswa (Tabe) Berkah ini agar bisa dilaksanakan secepatnya, dan saat ini semua sedang diupayakan melalui penyelesaian berbagai tahapan yang diperlukan sesuai ketentuan.

Dijelaskannya setiap penerima beasiswa Program Tabe Berkah ini berhak menerima sebesar Rp7,5 juta yang diberikan melalui tiga tahapan. Adapun penerima beasiswa program ini tercatat sebanyak 13.113 orang.

"Ada tiga tahap penyaluran beasiswa Tabe ini. Per tahap Rp2,5 juta, dengan total Rp7,5 juta untuk setiap penerima," jelasnya.

Baca juga: Disnakertrans Kalteng siap terima pengaduan THR secara online

Adapun untuk penyaluran tahap pertama, masih memerlukan beberapa penyelesaian terlebih dahulu, di antaranya yakni pencetakkan kartu Tabe untuk penerima. Kartu ini bersifat khusus sehingga juga memerlukan izin dari Bank Indonesia pusat.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng Marzuki menambahkan, saat ini kartu yang sudah tercetak sekitar 6.000 keping dan sudah diterima yang dikirim bertahap yakni sebanyak 2.500 keping. Kartu Tabe secara keseluruhan diestimasikan selesai pada 1 mei 2024.

"Penyaluran (beasiswa) ini merupakan ranah wewenang Dinas Pendidikan, kami pada saatnya nanti telah selesai dan mendapat instruksi sesuai petunjuk teknis dari Disdik pasti langsung menyalurkan," terangnya.

Baca juga: Disperpusip Kalteng fasilitasi seluruh perangkat daerah optimalkan Srikandi

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan pemanfaatan DBH Sawit untuk pembangunan daerah

Baca juga: Wagub Kalteng pimpin panen raya di kawasan Food Estate Pulang Pisau