Disperpusip Kalteng fasilitasi seluruh perangkat daerah optimalkan Srikandi

id pemprov kalteng, disperpusip kalteng, srikandi, Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi, palangkaraya, kalimantan tengah

Disperpusip Kalteng fasilitasi seluruh perangkat daerah optimalkan Srikandi

Foto Arsip - Disperpusip Kalteng melakukan fasilitasi perwakilan perangkat daerah lingkup pemerintah provinsi belum lama ini, Palangka Raya. (ANTARA/HO-Disperpusip Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kalimantan Tengah memfasilitasi seluruh perangkat daerah lingkup pemerintah provinsi untuk mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).
 
"Kami harap dengan adanya asistensi ini, seluruh perangkat daerah di lingkup Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) dapat menerapkan aplikasi Srikandi dalam upaya meningkatkan kinerja, produktivitas dan efektivitas," kata Pelaksana Harian (Plh) Kadisperpusip Kalteng Arthur Mukkun di Palangka Raya, Selasa.
 
Aplikasi Srikandi adalah aplikasi hasil kolaborasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo).

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan pemanfaatan DBH Sawit untuk pembangunan daerah
 
Srikandi menjadi aplikasi umum di bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.
 
Melalui optimalisasi Srikandi maka akan semakin mempermudah pekerjaan serta bermanfaat dalam upaya mewujudkan pengelolaan arsip yang baik di lingkungan pemerintah provinsi.
 
Dia menjelaskan dengan penerapan Srikandi dalam setiap kementerian, lembaga, maupun instansi lingkungan pemerintah juga diharap dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan.
 
"Sekaligus menjadi memori kolektif bangsa karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah," tuturnya.
 
Oleh karenanya sistem informasi kearsipan dinamis secara terintegrasi melalui aplikasi Srikandi, memegang peranan sangat penting dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

Baca juga: Wagub Kalteng pimpin panen raya di kawasan Food Estate Pulang Pisau

Baca juga: Kalteng optimalkan pengembangan budi daya kakao

Baca juga: DPMPTSP Kalteng fasilitasi penyelesaian masalah wujudkan iklim investasi nyaman