Upaya pengembangan kebudayaan di Kapuas melalui festival budaya diapresiasi

id Upaya pengembangan kebudayaan di Kapuas lewat festival budaya diapresiasi, kalteng, kapuas, dprd Kapuas, budaya

Upaya pengembangan kebudayaan di Kapuas melalui festival budaya diapresiasi

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Thosibae Limin. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Thosibae Limin, mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan Festival Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung (TMPT) Kuala Kapuas dengan tujuan pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah.

“Kami sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan itu, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Kapuas ke-73 Tahun 2024,” kata Thosibae Limin di Kuala Kapuas, Rabu.

Menurutnya, Festival Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung merupakan ajang unjuk kreativitas yang menghadirkan ragam inovasi dan kreasi bagi para pelaku seni dan budaya dalam mengekspresikan karya-karya seni daerah yang menggabungkan unsur tradisional, kearifan lokal dan seni modern.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan tahunan ini juga dalam rangka menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan keunikan budaya yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Kapuas.

“Disamping itu juga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana yang tepat untuk mempromosikan pesona pariwisata yang ada di Kapuas kepada masyarakat luas,” katanya.

Baca juga: DPMD Kapuas gandeng ULM kembangkan BUMDes

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kapuas terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Semangat kebersamaan yang dihasilkan dari Festival Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung dan Kapuas Expo 2024 ini diharapkan dapat menggambarkan manifestasi semangat dari para leluhur kepada para generasi penerus,” harapnya.

Legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, juga mengajak seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah daerah, pihak swasta, perguruan tinggi dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menjaga sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan kebudayaan dan pariwisata di daerah setempat.

“Pelaksanaan Festival Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung ini, diharapkan kedepannya lebih semarak lagi, sehingga wisatawan dari luar kalimantan akan berkunjungi, sehingga Kapuas bisa dikenal lebih luas lagi,” demikian Thosibae Limin.

Baca juga: Pj Bupati minta OPD gandeng UMKM sebagai mitra di Kapuas Expo

Baca juga: DPMD Kapuas buka pendaftaran lomba desa tingkat kabupaten

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Bataguh