DPMD Kapuas gandeng ULM kembangkan BUMDes

id DPMD Kapuas gandeng ULMuntuk pengembangan BUMDes, kalteng, kapuas, ekonomi

DPMD Kapuas gandeng ULM kembangkan BUMDes

Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, melakukan foto bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unlam Banjarmasin di ruang DPMD setempat, Selasa (23/4/2024). ANTARA/HO-DPMD Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menerima kunjungan sejumlah rombongan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan terkait kerja sama, Selasa.

“Kedatangan mereka ke DPMD Kapuas, dalam rangka rencana kerja sama pengembangan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, usai menerima kunjungan rombongan ULM.

Rombongan terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM Banjarmasin dipimpin Alfian Misran selaku koordinator rombongan Prodi Akutansi, yang diterima langsung Budi Kurniawan, beserta staf lainnya. Pertemuan yang berlangsung singkat di ruang kerja Kepala Dinas PMD kabupaten setempat.

“Pertemuan dalam upaya pengembangan usaha BUMDes di Kabupaten Kapuas perlunya diadakan  bimbingan teknis peningkatan kapasitas pengelola BUMDes dalam penyusunan rencana usaha dan pembuatan laporan keuangan BUMDes,” jelasnya.

Baca juga: Pj Bupati minta OPD gandeng UMKM sebagai mitra di Kapuas Expo

Selain itu, sambungnya, juga akan menjadi prioritas untuk pengembangan inovasi yang akan dilaksanakan praktik magang mahasiswa ULM ke desa-desa di daerah setempat. Hal ini sebagai wujud kerja sama terhadap desa yang mempunyai potensi unggulan maupun permasalahan.

“Ke depanya segera dilakukan perjanjian untuk   memperkuat kerja sama dalam penyusunan draf perjanjian kerja sama dari masing-masing pihak, terkait hal penting apa saja yang akan dituangkan dalam pelaksanaannya mendatang,” terangnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini, sangat menyambut baik serta mengapresiasi pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM Banjarmasin melakukan kerja sama dengan DPMD setempat. Langkah ini diharapkan membawa dampak positif yang besar dalam rangka pengembangan BUMDes di desa-desa setempat.

“Tentu ini sangat baik, dan kita sangat mendukung program yang akan dilaksanakan teman-teman dari Unlam (ULM) ini. Dan kami menyampaikan ucapan terima kasih atas rencana kerja sama dimaksud, DPMD Kapuas siap memfasilitasi kegiatan tersebut,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: DPMD Kapuas buka pendaftaran lomba desa tingkat kabupaten

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Bataguh

Baca juga: Expo Kapuas 2024 dorong pemulihan ekonomi masyarakat