Penderita PCOS disarankan konsumsu vitamin D

id PCOS ,vitamin d,sindrom ovarium polikistik

Penderita PCOS disarankan konsumsu vitamin D

Ilustrasi - Sindrom ovarium polikistik (PCOS). ANTARA/Shutterstock/Panchenko Vladimir/am.

Jakarta (ANTARA) -
PCOS atau sindrom ovarium polikistik biasanya diderita perempuan yang memiliki ketidakteraturan menstruasi dan infertilitas.

Ditulis laman Hindustan Times, Selasa, ahli diet Asiya Ali mengatakan mengonsumsi vitamin D dapat membantu meringankan gejala PCOS seperti menstruasi tidak teratur, timbulnya jerawat, perubahan suasana hati dan obesitas.

"Kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala PCOS. Mengonsumsi Vitamin D melalui makanan atau suplemen dapat meringankan beberapa masalah PCOS seperti infertilitas, penambahan berat badan, dan kecemasan," kata Ali.

Baca juga: Ini alasan munculnya jerawat di leher dan cara mengatasinya

Ia juga mengatakan dengan mengonsumsi vitamin D, akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan semakin meningkatkan kondisi emosional dan energi Anda.

Manfaat vitamin D lainnya adalah membantu wanita menghasilkan sel telur matang, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesuburan.

"Memastikan jumlah vitamin D yang cukup pada PCOS dapat membantu meningkatkan kesuburan," katanya.

Baca juga: Pengaruh PCOS pada jerawat

Untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, manfaat mengonsumsi vitamin D dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga gejala penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes tipe 2 bisa diringankan. 

Ali mengatakan pada efek perubahan suasana hati, vitamin D dapat meningkatkan mood dan perasaan bahagia. Hal ini bisa menghindari diri dari depresi dan masalah kesehatan karena stres.

Vitamin D juga dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga menghasilkan kekuatan tulang yang lebih baik.

"Ini juga membantu meringankan gejala Osteoporosis dan Rakhitis," kata Ali.