Pelatih legendaris Argentina Menotti meninggal dunia

id Cesar Luis Menotti,pelatih legendari ,argentina,meninggal dunia

Pelatih legendaris Argentina Menotti meninggal dunia

Arsip foto - Pelatih Argentina Cesar Luis Menotti pada tahun 1978. (Argentine Football Association)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih legendaris Cesar Luis Menotti yang membawa Argentina juara Piala Dunia 1978 meninggal dunia dalam usia 85 tahun pada Minggu (5/5).


"Asosiasi Sepak Bola Argentina dengan sangat menyesal melaporkan kematian Cesar Luis Menotti, mantan pelatih juara dunia Argentina,” demikian pernyataan Argentine Football Association (AFA) pada Senin.

Menotti yang dijuluki El Flaco (si kurus) merupakan seorang perokok berat yang melatih 11 klub dan dua timnas (Argentina dan Meksiko) dalam karier kepelatihannya yang berlangsung selama 37 tahun.

Selain menangani klub domestik Boca Juniors dan River Plate, pelatih kelahiran Rosario Argentina itu juga pernah melatih klub Eropa antara lain, Barcelona, Atletico Madrid, dan Sampdoria.

Puncak kariernya terjadi saat membawa Argentina juara Piala Dunia 1978 dengan mengalahkan Belanda 3-1 berkat dua gol Mario Kempes dan satu gol Ricardo Bertoni. Satu gol untuk Belanda dicetak Willem Nanninga menjelang akhir babak kedua.

Salah satu keputusan kontroversial Menotti adalah tidak menyertakan pemain fenomenal berusia 17 tahun Diego Maradona di Piala Dunia 1978, kendati Menotti sendiri yang memasukkan Maradona dalam skuad Argentina pada 1977.

Pemain legendaris Argentina Lionel Messi pun menyampaikan kabar duka itu di Instagram Story dengan menuliskan, "Salah satu contoh hebat untuk sepak bola kami telah meninggalkan kami. Belasungkawa untuk keluarga dan orang yang dicintainya."