Celtics curi kemenangan di markas Pacers

id Boston Celtics,kalahkan,Indiana Pacers,nba ,wilayah timur

Celtics curi kemenangan di markas Pacers

Pemain Boston Celtics Jayson Tatum (kiri) berupaya melempar bola melewati kawalan pemain Dallas Mavericks Kyrie Irving dan Dereck Lively II dalam laga di TD Garden Boston, Massachusetts. (ANTARA/AFP/Brian Fluharty/am.)

Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics berhasil bangkit dari tekanan Indiana Pacers yang unggul sampai 18 poin dan membalikkan keadaan untuk mencuri kemenangan 114-111 dalam laga ketiga babak final NBA Wilayah Timur di Gainbridge Fieldhouse Indianapolis Indiana, Minggu.

 

Celtics kini unggul 3-0 atas Pacers dan hanya memerlukan satu kemenangan lagi untuk memenangi seri pertandingan babak Final Timur, guna mengamankan tiket Final NBA 2024.
 
Celtics yang sempat unggul sampai 9 poin di kuarter pertama, kehilangan momentumnya dengan Pacers yang berhasil merebut keunggulan di kuarter dua.
 
Indiana yang kehilangan bintangnya Tyrese Haliburton karena cedera hamstring kiri, bermain sebagai tim dengan penyebaran pemain yang merata. Keunggulan Pacers melonjak sampai 18 poin di kuarter dua, dan bertahan sampai pertengahan kuarter tiga.
 
Andrew Nembhard memimpin Pacers dengan 32 poin, skor tertinggi dalam kariernya. T.J. McConnell menyelesaikan laga dengan 23 poin, 9 rebound, dan 6 assist, sementara Myles Turner dan Pascal Siakam masing-masing menyumbang 22 poin.
 
Celtics memberikan perlawanan dimulai dari kuarter ketiga, yang terus dilakukannya hingga mereka benar-benar bisa membalikkan kedudukan di 38 detik terakhir waktu reguler dengan mengubah skor jadi 112-111 lewat poin dan mendapat pelanggaran atau and-1 yang dibuat oleh Jrue Holiday.
 
Di sisa 1,7 detik terakhir, Jrue Holiday kembali mendapatkan hadiah free throw dan berhasil mengeksekusi dua tembakan yang menghasilkan 2 poin dan mengubah skor jadi 114-111.
  
Holiday tetap dimainkan meskipun terdaftar sebagai orang yang dipertanyakan ketersediaannya karena sakit non Covid-19 dan tak mengikuti pemanasan sebelum laga dimulai.
 
“Bagi dia yang datang ke sini dan mempertaruhkan segalanya untuk kami dan tampil dengan permainan besar untuk memenangkan pertandingan, kami memiliki tim yang luar biasa,” kata Jayson Tatum tentang Jrue Holiday seperti dikutip dari laman resmi NBA.
Pelatih Pacers meminta time-out di sisa 1,7 detik tersebut, namun tembakan tripoin terakhir dari Aaron Nesmith gagal dan mereka kalah untuk ketiga kalinya yang membuat Indiana berada di ambang eliminasi.
 
Jayson Tatum menyamai rekor tertinggi dalam karier playoffnya dengan 36 poin dan menyumbang 10 rebound serta 8 assist. Jaylen Brown menambah 24 poin, dan Al Horford menyumbang 23 poin termasuk 7 lemparan tiga angka saat Celtics memenangkan pertandingan playoff keenam berturut-turut dan tetap tak terkalahkan di laga tandang pascamusim ini.
 
Celtics memiliki kesempatan untuk memenangi seri pertandingan babak Final NBA Wilayah Timur pada gim keempat yang masih akan digelar di Indianapolis pada Selasa (28/5).