PSSI pasang target tinggi untuk timnas di Piala AFF U-16

id timnas indonesia u16,piala aff,u16,ASEAN Boys Championship,2024

PSSI pasang target  tinggi untuk timnas di Piala AFF U-16

Sejumlah pesepak bola mengikuti uji tanding dalam seleksi tahap kedua Tim Nasional (Timnas) U-16 di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (31/3/2024). Sebanyak 36 pesepak bola mengikuti seleksi tahap kedua Timnas U-16 Indonesia yang disiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-16 2024 dan kualifikasi Piala Asia U-17 2025. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memasang target “setinggi-tingginya” untuk timnas Indonesia U-16 di ASEAN Boys Championship U-16 2024 atau Piala AFF U-16 2024 karena berstatus sebagai juara bertahan. 

Indonesia pun akan bermain sebagai tuan rumah di Piala AFF tahun ini yang digelar di Surakarta pada 21 Juni sampai 4 Juli di dua stadion, Stadion Manahan dan Sriwedari. 

“Kita pasti pasang target setinggi-tingginya,” kata Exco PSSI Muhammad ketika ditemui ANTARA setelah mengikuti undian penyisihan grup Piala AFF U-16 di Stadio Emtek, Jakarta, Kamis.

Di bawah asuhan pelatih Bima Sakti, pada 2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

Di kejuaraan kelompok umur kali ini, Indonesia berada di Grup A bersama Laos, Filipina, dan Singapura.

Sebagai tuan rumah, Indonesia akan memainkan laga pembuka pada 21 Juni di Stadion Manahan.

Baca juga: Dicoret timnas U-16,Miroslav fokus kembangkan bakat di Eropa

Baca juga: Indonesia bersama Laos, Filipina dan Singapura di Grup A Piala AFF U-16


“Kita lihat syukur ya alhamdulillah kita dapat drawing yang cukup bagus. Kita lihat juga dari AFF sebelumnya kita tuan rumah juga dan kebetulan kita juga juara di 2022, mudah-mudahan di tahun ini kita juga bisa kembali juara,” tambahnya.

Sebagai persiapan untuk menatap Piala AFF U-16, timnas U-16 yang kini dipimpin Nova Arianto sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta.

Baca juga: Pelatih sebut kondisi pemain timnas U-16 sangat baik

Baca juga: Timnas Indonesia berlatih taktik untuk persiapan AFF U-16


Di sana, timnas U-16 sudah menggelar satu laga uji coba melawan PSS Sleman U-16 di Lapangan YIS, Monjali, Yogyakarta, pada Sabtu (25/5).

Pada laga yang dimainkan tiga babak dengan masing-masing babak 30 menit itu, Indonesia menang telak dengan skor 5-1.

“Persiapannya kita sudah lama juga, apalagi talent-talent kita juga sudah mulai lagi ada kompetisi usia muda setelah sebelumnya kita tidak ada,” kata Muhammad.

“Makanya ini mayoritas pemainnya dari Elite Pro Academy ataupun Soeratin ataupun dari tim-tim lain di akademi dan sudah berjalan sebulan TC di Yogyakarta,” lanjutnya.

“Rencananya mungkin pada 1 Juni tim sudah pindah ke Solo untuk TC sebelum mengikuti AFF U-16,” imbuhnya.