Cara cegah gejala migrain muncul saat bekerja

id migrain ,gejala migrain

Cara cegah gejala migrain muncul saat bekerja

Ilustrasi - Seseorang mengalami sakit kepala. (ANTARA/Pexels/Andrea Piacquadio/am.)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis neurologi dr. Henry Riyanto Sofyan, Sp.N(K) menyampaikan bahwa beban dan tekanan kerja yang tinggi dapat menyebabkan munculnya gejala migrain ketika sedang bekerja.

Dalam acara diskusi yang diselenggarakan secara daring pada Kamis, dia mengatakan bahwa penderita migrain biasanya sudah mengetahui batasan kerja yang aman bagi mereka serta tanda-tanda gejala migrain dirasakan.

Henry, yang juga penderita migrain, menceritakan bahwa menurut pengalamannya rasa nyeri pada kepala biasanya mulai muncul setelah empat jam bekerja secara intens di depan komputer.

Namun, dia menekankan bahwa tanda kemunculan gejala migrain bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Baca juga: Migrain bisa berkaitan dengan peningkatan risiko stroke

Selain beban kerja yang tinggi, Henry mengatakan, kemunculan gejala migrain juga bisa dipicu oleh kondisi lingkungan tempat bekerja, seperti plafon yang berjamur dan alas karpet yang berdebu.

Staf Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo itu menganjurkan pengidap migrain melakukan peregangan di sela waktu kerja agar tubuh menjadi lebih rileks guna mencegah munculnya gejala migrain.

Baca juga: Merendam kaki di air hangat bisa bantu atasi migrain?

"Misalnya dari Kemenkes ada program setiap jam 10.00 sama jam 12.00 ada aktivitas untuk menggerakkan badan, itu salah satu strategi bagaimana supaya tidak mendapatkan beban dari luar akibat bekerja yang terlalu monoton, kita juga harus ada relaksasinya," tutur Henry.

Selain itu, dia juga menyarankan pembatasan durasi menatap layar komputer tanpa henti maksimal selama dua jam.

"Melihat komputer ada jeda setiap dua jam, melihat jauh atau melihat hal-hal yang hijau-hijau, misalnya kayak tumbuhan, supaya mengeluarkan beban pada saat bekerja," katanya.

Baca juga: Berikut penyakit yang biasa muncul usai liburan dan kiat mengatasainya

Baca juga: Benarkah akupuntur bisa atasi migrain?

Baca juga: Migrain bisa muncul usai makan karbohidrat dan gula?