Ini alasan Toyota Yaris Cross unggul soal kenyamanan

id Toyota Yaris Cross ,all new yaris,mobil yaris,spesifikasi

Ini alasan Toyota Yaris Cross unggul soal kenyamanan

Toyota Yaris Cross (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)

Jakarta (ANTARA) - Toyota All New Yaris Cross dengan salah satu varian hybrid telah melakoni debut global di Indonesia pada pertengahan Mei 2023 lalu, kendaraan itu menawarkan berbagai keunggulan mulai dari desain, fitur, teknologi dan juga kenyamanan.


Dari segi dimensi, mobil ini lebih besar dari Toyota Raize, namun tidak lebih besar dari Toyota Corolla Cross, sehingga membuatnya lebih compact dan nyaman untuk dikendarai.

Ground clearance yang tinggi dari Yaris Cross ini (210 mm) juga membuat pengemudi tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang berlubang, hingga genangan air.

Masuk ke dalam kabin, nuansa nyaman dapat dirasakan dari jok yang telah dibalut kulit, termasuk stir, hingga beberapa detail dasbor dan panel-panelnya.

Baca juga: GR Corolla akan diproduksi kontinu

Material yang digunakan sangat baik. Beberapa titik menggunakan material keras namun tetap terlihat dibuat dengan kualitas baik dan sepadan dengan harganya.

All New Yaris Cross Hybrid tidak hanya menawarkan keunggulan kendaraan yang ramah lingkungan, mobil ini juga sangat nyaman dikendarai. Dengan human centered design, insinyur Toyota merancang dashboard dengan sangat memperhatikan posisi saat mengemudi.

Pengendara akan menjadi lebih fokus saat mereka berada di belakang kemudi All New Yaris Cross Hybrid yang dibalut dengan kursi bernuansa semi bucket. Dengan begitu, pengendara akan merasa lebih nyaman meski dalam keadaan kondisi lalu lintas ramai sekalipun.

Baca juga: Yaris Cross kini hadir di Kalteng, beri kesan berkendara 'fun to drive'

Posisi duduk di Yaris Cross ini terbilang sangat ergonomis, berkat setir yang dapat diatur secara tilt dan teleskopik dan kursi yang dapat diatur secara elektrik (kursi pengemudi) menyesuaikan tinggi badan.

Aspek kepraktisan bukan sebuah isu pada mobil ini. Banyak detail-detail kecil yang tidak dilupakan Toyota untuk disediakan dalam Yaris Cross untuk mendukung aspek kenyamanan saat menggunakan mobil ini.

Contohnya saja tersedia kompartemen dan ruang penyimpanan dengan beragam ukuran dengan jumlah yang cukup, hingga dua buah port untuk pengisian daya barang elektronik, satu buah USB A dan satu buah USB C.

Toyota Yaris Cross (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)


Baca juga: Toyota pamerkan Yaris 2023 dengan tampilan lebih sporty

Fitur

Pada varian tertingginya, mobil ini telah mendukung sistem hiburan dengan layar besar berukuran 10,1 inci dan sudah mendukung Apple CarPlay maupun Android Auto.

Salah satu hal yang paling menarik dari mobil ini adalah ia sudah dilengkapi dengan sunshade elektrik layaknya mobil kelas premium. Ini artinya, pengendara tidak lagi perlu bongkar pasang penutup sunroof secara manual jika cuaca sedang terik.

Menggunakan instrumen AC digital, push start stop button, dan layar MID 7 inci yang sudah full digital, kamera mundur yang dilengkapi garis penuntun, hingga kamera 360 membuat mobil ini sangat futuristik dan menambah nilai kenyamanan sebab memudahkan pengendaranya dalam berbagai hal.

All New Yaris Cross dibekali tiga mode pilihan berkendara, yakni normal, eco, dan power. Pengemudi dapat memilih performa yang maksimal saat berkendara atau efisiensi bahan bakar.

Toyota Yaris Cross terbilang memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Ia sudah dilengkapi dengan 6 buah airbag, serta Toyota Safety Sense (TSS). Fitur TSS pada Yaris Cross meliputi Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Pedal Misoperation Control.

Tersedia pula fitur Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, Hill Start Assist dan terakhir Vehicle Stability Control.

Toyota Yaris Cross (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)


Baca juga: Yaris ECOvan meluncur dengan powertrain hybrid

Rasa berkendara

Mobil ini dirancang untuk menunjang kenyamanan berkendara. Hal itu terlihat dari berbagai hal, seperti bantingan suspensi yang terbilang empuk, hingga pergantian antara mesin listrik dan bensin yang begitu halus.

Meski mengutamakan kenyamanan berkendara, mobil ini tetap lincah soal akselerasi. Tenaga yang dihasilkan sangat instan dan responsif, berkat penggunaan motor listriknya.

Mobil ini merupakan SUV yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan mesin 2NR-VEX, yakni mesin hybrid 1.500 cc 4 silinder.

Dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS), dapur pacu ini dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik canggih untuk menggerakkan as roda depan dalam penyaluran tenaga yang paling efisien dan minim polusi tanpa mengorbankan performa.

Baca juga: Toyota GR Yaris WRC hanya tersedia 126 unit di Indonesia

Yaris Cross Hybrid mampu menyemburkan tenaga 89 hp dan torsi 121 Nm. Kemudian dibalut dengan baterai lithium ion berdaya 59 kW dan torsi 141 Nm.

Mobil ini dibekali model berkendara Electric Vehicle (EV) sehingga menyuguhkan kesempatan pengendara merasakan langsung karakter penggunaan motor listrik.

Motor listrik di kendaraan full elektrikal dikenal dengan suara yang senyap, responsif, instan, dan tidak menghasilkan emisi. Sensasi ini masih bisa dirasakan di Yaris Cross Hybrid, meskipun mobil ini masih separuhnya listrik.

Keunggulan utama mesin hybrid tidak lain adalah efisiensi bahan bakarnya yang sangat baik. Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid diklaim dapat mencapai 31 km/liter.

All-New Yaris Cross untuk pasar Indonesia memiliki enam pilihan tipe. Mulai dari tipe 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, 1.5 S CVT, 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package, bersama dengan varian Hybrid EV yakni 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package sebagai flagship model.

Kesimpulan

Kesimpulannya, mobil yang dilego kisaran Rp350 juta hingga Rp450 juta ini merupakan paket lengkap untuk pengendara yang menginginkan kenyamanan, performa, namun juga efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Honda City Hatchback jadi pesaing baru Yaris

Baca juga: Toyota New Yaris tampil 'stylish' dengan kelincahan berkendara

Baca juga: Toyota rilis Yaris Cross di Jepang