Dinas PUPRPKPP Kapuas data dan verifikasi para tukang bangunan

id Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kapuas, kapuas, kalteng, PUPRPKPP kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah

Dinas PUPRPKPP Kapuas data dan verifikasi para tukang bangunan

PUPRPKPP Kapuas foto bersama dengan calon peserta sertifikasi tenaga konstruksi di Kuala Kapuas, Jumat (14/6/2024). ANTARA/HO-Dinas PUPRPKPP Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan Pendataan dan Verifikasi calon peserta Sertifikasi Tenaga Konstruksi yang ada di wilayah setempat.

Langkah tersebut sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas tenaga konstruksi yang ada di daerah ini, kata Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas PUPRPKPP Kabupaten Kapuas Junaidi Kuala Kapuas, Jumat.

"Mencek kelengkapan data dan verifikasi calon peserta untuk dikirimkan ke Balai Jasa Konstruksi, agar dapat mengikuti uji kompetensi atau sertifikasi," tambahnya.

Dinas PUPRKPPP Kapuas berharap pelatihan yang diberikan tersebut, dapat mengakomodir para tukang dari masyarakat yang memang belum terdata secara lengkap di Kabupaten Kapuas.

"Semua yang hadir hari ini bisa lulus dan terdata secara baik. Jadi, selanjutnya akan kita arahkan untuk mengikuti pelatihan tentunya melalui seleksi," kata Junaidi.

Salah seorang perwakilan peserta Jailani Sidik mengucapkan terimakasih kepada Dinas PUPRPKPP Kapuas, khususnya Bidang Bina Konstruksi dengan adanya kegiatan ini dirinya bisa memiliki sertifikat Tenaga Konstruksi.

Baca juga: Pemkab Kapuas gelar Gerakan Pangan Murah serentak bantu penuhi kebutuhan masyarakat

"Harapan saya kegiatan ini terus berlanjut karena tukang seperti kami- kami ini merasa terfasilitasi dan sangat terbantu," singkat Jailani.

Sementara itu, Bidang Bina Konstruksi selaku penyelenggara kegiatan ini telah mengundang tukang yang ada di Kecamatan Selat melalui surat undangan yang telah disebar 100 undangan dan dihadiri kurang lebih 25 peserta di setiap sesinya selama dua hari. Kegiatan ini meliputi cek kelengkapan data, verifikasi dan foto satu persatu peserta untuk keperluan uji kompetensi tenaga konstruksi.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas pastikan siap dukung program desa bersifat positif

Baca juga: Pj Bupati Kapuas: Keberadaan Duta Baca penting perkuat literasi masyarakat

Baca juga: Pemkab serahkan seratus judul buku kepada Kwaran Pramuka Kapuas Hulu