Pemkab Kapuas gelar Gerakan Pangan Murah serentak bantu penuhi kebutuhan masyarakat

id pemkab kapuas, gerakan pangan murah serentak, pasar murah, pj bupati erlin hardi, kapuas

Pemkab Kapuas gelar Gerakan Pangan Murah serentak bantu penuhi kebutuhan masyarakat

Asisten II Setda Kabupaten Kapuas, Vitrianson, memberikan sambutan pada kegiatan Gerakan Pangan Murah Serentak di halaman Kantor DKPP Kapuas, Kamis (13/6/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Stasistik Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) setempat, melaksanakan Gerakan Pangan Murah serentak, dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2024.
 
“Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah serentak ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, Vitrianson, saat membuka kegiatan tersebut, Kamis.
 
Kegiatan ini juga, sambungnya, bertujuan untuk mendukung stabilitas pasokan dan harga serta pengendalian inflasi yang ada di kabupaten setempat.
 
Lebih lanjut, Vitrianson mengharapkan kepada DKPP Kapuas untuk saling bekerja sama dengan lainnya dalam membagi bagian dan berkontribusi, serta melakukan kegiatan gerakan pangan murah serentak ini secara rutin setiap tahun.
 
“Saya mengajak kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan momen ini untuk dapat membeli bahan pangan murah dan terjangkau sesuai kebutuhan” harapnya.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas pastikan siap dukung program desa bersifat positif
 
Sementara itu, Kepala DKPP Kapuas, Kusmiatie mengatakan Gerakan Pangan Murah serentak ini merupakan amanat dari Badan Ketahanan Pangan Nasional untuk menjaga stabilisasi harga pangan, sehingga laju inflasi dapat terjaga,
 
“Ketersediaan pangan di Kapuas dalam keadaan stabil, tidak ada stok yang kurang jadi kita masih cukup untuk menghadapi Idul Adha tahun 2024 ini," tuturnya.

Adapun kegiatan ini juga bekerja sama dengan Perum Bulog dan UMKM, dengan barang yang dijual berupa beras, telur, minyak goreng, gula, dan ikan patin. 

Baca juga: Pj Bupati Kapuas: Keberadaan Duta Baca penting perkuat literasi masyarakat

Baca juga: Pemkab serahkan seratus judul buku kepada Kwaran Pramuka Kapuas Hulu

Baca juga: Pemkab Kapuas sosialisasikan tata cara pengaduan dugaan perusak lingkungan