VW lengkapi lini produknya dengan AI dari ChatGPT

id Volkswagen,Chatgpt,teknologi ai

VW lengkapi lini produknya dengan AI dari ChatGPT

Dasbor mobil VW ID.4 (ANTARA/X/Volkswagen)

Jakarta (ANTARA) - Volkswagen telah membicarakan integrasi ChatGPT selama berbulan-bulan, kemudian kini integrasi tersebut telah resmi hadir untuk meningkatkan pengalaman kepemilikan kendaraan yang akrab disebut VW ini.

Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) tersebut dapat ditemukan pada semua jajaran ID. serta pada Golf, Tiguan dan Passat yang baru, lapor Carscoops, Jumat (21/6).

ChatGPT dapat diakses dengan menggunakan asisten suara IDA. Sementara yang terakhir memungkinkan pemilik untuk mengontrol berbagai fitur, seperti sistem kontrol iklim dan sistem navigasi, ChatGPT menjanjikan untuk "jauh melampaui" itu.

Baca juga: VW konfirmasi Jetta facelift hingga gaet ChatGPT untuk lini 2025

Sebagai contoh, Volkswagen mengatakan bahwa pengendara dapat meminta ChatGPT untuk memberi tahu tentang tempat wisata atau bagaimana tim favorit pengendara bermain tadi malam.

Produsen mobil ini melanjutkan dengan mengatakan bahwa ChatGPT bahkan dapat membantu anak-anak pemilik kendaraan memecahkan masalah matematika.

Meskipun beberapa asisten suara mengharuskan pengguna berbicara seperti robot, Volkswagen mengatakan bahwa sistem mereka memungkinkan bahasa alami dan tidak mengharuskan pengemudi mengalihkan pandangan dari jalan.

Baca juga: VW bakal kenalkan Golf R 2025 pada 26 Juni

Pemilik tidak perlu membuat akun baru atau mengunduh aplikasi baru karena mereka hanya perlu mengatakan "Halo IDA" atau menekan tombol di setir.

Namun, ChatGPT hanya tersedia dalam beberapa bahasa termasuk Inggris (AS dan Inggris), Spanyol, Ceko, dan Jerman.

“Volkswagen memiliki tradisi panjang dalam mendemokratisasi teknologi. Dengan mengintegrasikan ChatGPT secara mulus ke dalam backend asisten suara kami, kami sekarang menawarkan kesempatan kepada pengemudi untuk menggunakan kecerdasan buatan ini setiap hari, sehingga menggarisbawahi betapa inovatifnya produk kami," ujar Kai Grunitz dari Volkswagen.

Baca juga: Volkswagen masuki bisnis penyimpanan energi baterai

Meskipun tidak diragukan lagi akan ada masalah privasi dan keamanan, Volkswagen mengatakan bahwa "tidak ada titik di mana ChatGPT mendapatkan akses ke data kendaraan" dan informasi dikirim secara anonim ke ChatGPT hanya jika pertanyaan tidak dapat dijawab oleh sistem Volkswagen.

Produsen mobil tersebut mengatakan bahwa pertanyaan dan jawaban segera dihapus untuk memastikan informasi tetap pribadi dan rahasia.