Benarkah Prabowo gagal dilantik dan Gibran jadi Presiden Indonesia? Ini faktanya

id Prabowo ,pelantikan presiden,Gibran ,hoaks,hoax

Benarkah Prabowo gagal dilantik dan Gibran jadi Presiden Indonesia? Ini faktanya

Tangkapan layar - Capres dan Cawapres RI terpilih Prabowo Subianton-Gibran Rakabuming Raka di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) -
Sebuah unggahan video di YouTube berdurasi 10 menit menarasikan Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto gagal dilantik sehingga digantikan langsung oleh wakilnya yakni Gibran Rakabuming Raka pada 20 Juni 2024.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“TEPAT MALAM INI PRABOWO GAGAL DILANTIK, GIBRAN AKAN AMBIL ALIH KURSI PRESIDEN DARI PRABOWO”

Namun, benarkah Prabowo gagal dilantik sehingga Gibran ambil alih jadi Presiden Indonesia?

 
 
Unggahan yang menarasikan Prabowo gagal dilantik sehingga Gibran jadi Presiden Indonesia. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ada narasi Prabowo gagal dilantik, namun mengkritik buku berjudul “Gibran The Next Presiden” yang dikabarkan akan diterbitkan.

Narator juga hanya membacakan artikel Geloranews berjudul “Gibran Seolah Melangkahi Prabowo Sebagai Presiden Terpilih” yang menarasikan Pegiat media sosial Jhon Sitorus merasa Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka seolah melangkahi Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Pasalnya buku 'Gibran The Next Presiden' sudah muncul penampakannya di media sosial (medsos) bahkan direncanakan diluncurkan dalam waktu dekat, padahal Prabowo Subianto saja belum dilantik.

Sebagai informasi, pelantikan atau pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden 2024 dilakukan pada 20 Oktober 2024. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai Prabowo gagal dilantik.

Klaim: Prabowo gagal dilantik, Gibran jadi Presiden Indonesia

Rating: Hoaks