Legislator yakin RTH ciptakan lingkungan sehat dan nyaman bagi anak

id Legislator yakin RTHciptakan lingkungan sehat dan nyaman bagi anak, kalteng, Palangka raya, dprd Palangka raya

Legislator yakin RTH ciptakan lingkungan sehat dan nyaman bagi anak

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung. ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Nenie Adriati Lambung meyakini bahwa adanya ruang terbuka hijau (RTH) khusus anak diyakini dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk anak bermain.

"RTH sangat bermanfaat untuk perkembangan fisik dan mental mereka. Selain itu, RTH juga menjadi ruang edukatif untuk anak-anak dapat belajar tentang keanekaragaman hayati dan pentingnya menjaga lingkungan," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dirinya menjelaskan, bahwa pemerintah kota dapat membangun RTH ramah anak di berbagai lokasi, termasuk di area permukiman padat penduduk agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pemerintah juga bisa bekerja sama dengan pihak swasta untuk pembangunan RTH tersebut jika diperlukan sehingga pembangunan RTH dapat benar-benar sesuai spesifikasi teknis.

"Kami legislator ini siap saja untuk mendukung kebijakan yang sifatnya untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, terlebih untuk mendukung tumbuh kembang anak melalui ruang untuk berekspresi dan bermain," ucapnya.

Lebih lanjut Nenie juga menyarankan agar pemerintah kota dapat melakukan pengecekan rutin terhadap RTH khusus anak yang sudah ada di Kota Palangka Raya.

Baca juga: Legislator ajak optimalkan pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan perekonomian

Hal tersebut dilakukan agar dapat memastikan sarana, prasarana dan fasilitas RTH khusus anak yang ada di Kota Palangka Raya tetap terjaga dan terawat dengan baik.

"Yang paling penting itu agar tidak ada sarana dan prasarana itu yang rusak sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan luka pada anak saat bermain," ujarnya.

Srikandi partai PDI Perjuangan ini juga meminta kepada seluruh orang tua yang menemani anaknya bermain di RTH, agar dapat turut menjaga suasana lingkungan anak nyaman dan aman.

Hal tersebut dilakukan dengan membuang sampah sembarang serta tidak merokok di dalam kawasan RTH khusus anak, yang dikhawatirkan dapat membuat anak tidak nyaman bermain.

"Apalagi kan asap rokok ini kan sangat berbahaya untuk anak-anak, jadi jangan sampai ada yang merokok di dalam kawasan RTH khusus anak," demikian Nenie Adriati Lambung.

Baca juga: Polresta Palangka Raya patroli siber di media sosial jelang pilkada

Baca juga: Aktif melakukan P4GN perusahaan tambang di Kalteng terima penghargaan

Baca juga: Polda Kalteng komitmen pelihara kamtibmas dukung iklim investasi