Legislator Kalteng minta potensi lokal dioptimalkan demi meningkatkan daya saing

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, Henry M Yoseph

Legislator Kalteng minta potensi lokal dioptimalkan demi meningkatkan daya saing

Anggota DPRD Kalteng Henry saat diwawancarai sejumlah wartawan di Palangka Raya, Senin (9/1/2023). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Henry M Yoseph mendorong sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar lebih mengoptimalkan potensi daerah dalam menghadapi dinamika ekonomi global.

Permintaan itu karena pentingnya adaptasi terhadap perubahan global dengan pemanfaatan berbagai potensi yang ada di daerah ini, kata Henry di Palangka Raya, kemarin.

"Pengembangan sektor ekonomi yang berdaya saing, juga dapat dijadikan sebagai strategi untuk memperkuat posisi Kalteng secara keseluruhan," ucapnya.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kalteng itu persaingan global tidak bisa dihindari, sehingga seluruh elemen yang dikomandoi oleh pemerintah, wajib beradaptasi dan selalu siap menghadapinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah pemanfaatan potensi lokal secara optimal, dan pengembangan sektor ekonomi yang berdaya saing menjadi kunci semua pembangunan.

Henry mengatakan pemerintah perlu melakukan terobosan inovatif guna pengembangan sektor ekonomi lokal yang ada serta meningkatkan promosi investasi asing di daerah, dan peningkatan kerja sama antarnegara untuk memperluas pasar. 

"Peluang itu tidak hanya persaingan pada tingkat regional dan nasional, tapi bagaimana membuat Kalteng mampu bersaing secara global. Karena dengan potensi yang kita punya, bisa memberi hasil besar jika pengelolaannya tepat," kata dia. 

Baca juga: DPRD Kalteng minta keberadaan BUMDes harus dimaksimalkan bantu potensi warga

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya itu pun menyoroti pentingnya pembinaan kemampuan SDM lokal. Di mana perlu lebih dioptimalkan pelatihan keterampilan sesuai kebutuhan industri global, dan penguatan konektivitas infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Politikus Partai NasDem ini keyakinannya bahwa dengan fokus pada pengembangan potensi daerah, Kalteng akan mampu memiliki daya saing yang tinggi dan kontribusi yang signifikan dalam perekonomian global. Sebab, dengan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat lokal, kita dapat mengoptimalkan potensi daerah dalam menghadapi dinamika ekonomi global.

"Pasti langkah strategis itu akan membuat Kalteng terus berkontribusi secara positif dalam dinamika ekonomi global," demikian Henry.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda lebih serius perkuat ketahanan pangan

Baca juga: Legislator Kalteng nilai kekurangan guru jadi persoalan klasik tingkatkan sektor pendidikan

Baca juga: Wujudkan daya saing kuat, sektor pertanian di Kalteng harus terus dikembangkan