DPRD Kalteng minta keberadaan BUMDes harus dimaksimalkan bantu potensi warga

id Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Yohanes Freddy Ering, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng

DPRD Kalteng minta keberadaan BUMDes harus dimaksimalkan bantu potensi warga

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Yohanes Freddy Ering. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Yohanes Freddy Ering menyatakan bahwa keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), berperan penting dalam memaksimalkan berbagai potensi masyarakat yang ada di desa-desa.

"Tentu BUMDes ini juga harus turut berperan dalam memastikan masyarakat yang ada di desa benar-benar telah sejahtera atau tidak," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dirinya menjelaskan, bahwa melalui perannya BUMDes bisa meningkatkan perekonomian desa dan memberdayakan masyarakat setempat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan fasilitas untuk membantu mempromosikan, mendapatkan pendanaan untuk modal masyarakat hingga meningkatkan kapasitas produksi masyarakat. 

"BUMDes kan juga bisa disebut sebagai instrumen efektif, untuk mendorong pembangunan ekonomi di perdesaan, karena mampu memfasilitasi dan mendorong aktivitas ekonomi desa untuk tumbuh," kata Freddy Ering.

Legislator Kalteng itu juga mengatakan bahwa dari kegiatan di BUMDes tersebut, akan tercipta dorongan bagi pertumbuhan kegiatan ekonomi masyarakat yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa.

Untuk itu, BUMDes diminta dapat merangkul masyarakat di desa sehingga masyarakat dapat lebih percaya diri dalam menghasilkan produksi serta berinovasi menciptakan produk-produk yang memiliki ciri khas tersendiri.
 
"Pemerintah kabupaten harus memastikan bahwa BUMDes di desa memiliki sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan untuk berkembang dan sukses," ujarnya.

Baca juga: Legislator Kalteng minta guru turut berperan mendeteksi bakat siswa

Meski begitu, menurut politisi dari PDI Perjuangan itu, perlu adanya keterlibatan semua pihak, mulai dari pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam upaya penguatan BUMDes.

Dengan adanya langkah tersebut dirinya berharap, masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari pembangunan ekonomi dan dapat berkontribusi lebih banyak terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Untuk detailnya seperti apa kebijakannya akan diperlukan kerja sama untuk memastikan bahwa upaya penguatan kelembagaan ekonomi perdesaan berhasil," demikian Freddy Ering.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda lebih serius perkuat ketahanan pangan

Baca juga: Legislator Kalteng nilai kekurangan guru jadi persoalan klasik tingkatkan sektor pendidikan

Baca juga: Wujudkan daya saing kuat, sektor pertanian di Kalteng harus terus dikembangkan