Sponsor untuk PON 2024 telah mencapai Rp25 miliar

id pon ,pb pon sumut,sumatera utara,sponsor

Sponsor untuk PON 2024 telah mencapai Rp25 miliar

Panitia Besar Pekan Olahraha Nasional wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) menyebut sponsor yang sudah menyatakan komitmennya mendukung pada penyelenggaraan PON XXI 2024 telah mencapai Rp25 miliar.(ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) menyebut sponsor yang sudah menyatakan komitmennya mendukung pada penyelenggaraan PON XXI 2024 telah mencapai senilai Rp25 miliar.


"Hingga saat ini, para sponsor yang berkomitmen dengan PB PON Sumut untuk PON 2024 mencapai angka Rp25 miliar," ujar Ketua Bidang Pemasaran PB PON Sumut Faisal Arif Nasution, di Medan, Jumat.

Faisal yang juga merupakan Kepala Dinas Penanaman Modal Satu Pintu Pemprov Sumut itu menjelaskan para sponsor yang telah menyatakan komitmennya itu berasal dari berbagai pihak seperti BUMN dan sektor swasta lainnya.

"Sejauh ini yang paling besar ada dari BUMN yang sudah menyatakan komitmennya," kata dia

Setelah itu, lanjut dia, komitmen tersebut akan ditindaklanjuti dengan kerja sama antar PB PON Sumut dan pihak sponsor untuk membahas lebih lanjut.

"Tentu mereka sudah buat pernyataan, kami buat lagi perjanjian kontrak kerjanya. Dari situ nanti akan dituangkan masing masing benefit apa saja yang bisa didapatkan pihak sponsor dan tentunya benefit yang kami dapatkan dari sponsor tersebut," sebut dia.

Pihaknya terus melakukan berbagai persiapan dalam menyukseskan ajang olahraga nasional tersebut terkhusus memasifkan bidang pemasaran untuk menggandeng sponsor lainnya.

"Kami sedang memfinalkan draft peraturan ketua umum (Perketum) terkait dengan pengelolaan sponsor di PB PON. Tentu Perketum ini perlu diatur tata kelolanya karena nanti kita akan menggandeng mitra dari para sponsor tentunya kami akan membuat rekening khusus," sebut dia.

Rekening khusus itu, kata dia, dapat dikelola untuk seluruh bidang dalam penyelenggaraan PON XXI tahun 2024.

"Sehingga memang sangat dibutuhkan draft perketum ini bisa rampung secepatnya," ujar dia.

Di sisi lain, PB PON Sumut memasifkan pelibatan masyarakat dalam menyukseskan PON XXI 2024 antara lain dengan berpartisipasi sebagai volunter atau relawan.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON Sumut Ismael Sinaga mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan klasifikasi volunter yang terdiri atas Green Volunteer, Blue Volunteer, dan Yellow Volunteer

"Kami telah mensosialisasikan pelaksanaan PON ini melalui jejaring-yang ada, dan juga mengimbau seluruh perusahaan bahwa Sumatera Utara adalah tuan rumah PON XXI tahun 2024," ujar dia.