Disdik Kotim berikan uang pembinaan bagi pelajar berprestasi di O2SN

id Disdik Kotim berikan uang pembinaan bagi pelajar berprestasi di O2SN, kalteng, disdik kotim, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, pendid

Disdik Kotim berikan uang pembinaan bagi pelajar berprestasi di O2SN

Disdik Kotim berikan uang pembinaan bagi pelajar berprestasi di O2SN, Kamis (29/8/2024). ANTARA/HO-Disdik Kotim

Sampit (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah memberikan apresiasi berupa uang pembinaan bagi pelajar jenjang SMP yang berprestasi pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional. 

“Tahun ini merupakan tahun yang membahagiakan bagi kita, karena dua pelajar Kotim yang mewakili Kalteng telah menorehkan prestasi pada ajang O2SN tingkat nasional,” kata Kepala Disdik Kotim Muhammad Irfansyah di Sampit, Sabtu. 

Penyerahan apresiasi siswa berprestasi jenjang SMP 2024 tersebut dilaksanakan di aula Disdik Kotim. 

Irfansyah menyerahkan secara simbolis uang pembinaan kepada siswi SMPN 3 Sampit, Naisya Putri Arianto yang meraih Juara III cabang olahraga bulu tangkis putri. 

Naisya menerima uang pembinaan sebesar Rp5 juta dari Disdik Kotim, sebelumnya ia juga menerima uang pembinaan dengan nominal yang sama dari Disdik Kalteng. 

Kemudian, apresiasi juga diberikan kepada siswa SMPS Muhammadiyah Sampit bernama Rayhan Raditya Rachmansyah di cabang olahraga karate putra, sebesar Rp2,5 juta. 

Meskipun, belum berhasil meraih juara namun Rayhan sudah membuktikan kemampuannya dengan berhasil berlaga di ajang tingkat nasional. 

Dalam kesempatan itu, Irfansyah juga mengungkapkan terima kasih kepada Bidang Pembinaan SMP Disdik Kotim yang konsisten dalam aktif menggelar olimpiade atau perlombaan jenjang SMP setiap tahunnya. 

Baca juga: Disdik Kotim gelar lomba guru berprestasi untuk gali potensi

“Melalui kegiatan yang rutin dilaksanakan dapat menjadi motivasi bagi peserta didik kita untuk mengembangkan potensi dan meraih prestasi,” imbuhnya. 

Ia juga berpesan kepada para kepala sekolah agar lebih menggali potensi peserta didik masing-masing, sebagaimana tujuan dari penerapan Kurikulum Merdeka. 

Kepala sekolah dan guru diharapkan bisa mengoptimalkan pembinaan peserta didik agar siap menghadapi olimpiade tahun berikutnya. 

Ajang O2SN tingkat nasional dilaksanakan di Jakarta selama seminggu, yakni 19-25 Agustus 2024. Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kotim I Gede Sukadana yang turut mendampingi pelajar yang mengikuti O2SN tingkat nasional. 

Sukadana menyebutkan, keberhasilan pelajar Kotim dalam meraih prestasi ini tak lepas dari dukungan pemerintah daerah yang telah memberikan anggaran yang cukup dalam upaya peningkatan prestasi peserta didik di bidang akademik maupun non akademik.

Selama mengikuti kegiatan hampir tidak ada kendala yang dihadapi. Para pelajar bisa fokus dan siap untuk bertanding.

“Kami berterima kasih sekali, karena tanpa dukungan anggaran akan sulit bagi kami untuk memberdayakan potensi peserta didik di Kotim,” ujarnya.

Keberhasilan pelajar Kotim kali ini tentunya akan menjadi motivasi pihaknya bersama sekolah agar dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan para siswa. Dengan harapan tahun berikutnya prestasi yang diraih bisa lebih baik lagi. 

Baca juga: Pelajar Kotim torehkan prestasi di O2SN tingkat nasional

Baca juga: Disdik Kotim bagikan laptop, SKB dan PKBM sangat terbantu

Baca juga: SMPN 1 Sampit galakkan Gerakan Sekolah Sehat