Tiga paslon ditetapkan menjadi peserta Pilkada Barito Selatan

id Tiga paslon ditetapkan menjadi peserta Pilkada Barito Selatan, kalteng, barsel, Barito Selatan, pilkada. Politik

Tiga paslon ditetapkan menjadi peserta Pilkada Barito Selatan

Ketua KPU Barito Selatan bersama komisioner dan tim penghubung tiga pasangan calon usai penyerahan SK penetapan pasangan calon, di Buntok, Minggu (22/9/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Kalimantan Tengah menetapkan tiga pasangan calon yang menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di kabupaten setempat.

Ketua KPU Barito Selatan, Roslina mengatakan, tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang telah mendaftar beberapa waktu lalu dinyatakan memenuhi syarat menjadi peserta pilkada.

"Penetapan itu berdasarkan hasil verifikasi perbaikan berkas administrasi tiga pasangan calon tersebut," katanya usai acara penyerahan Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan calon di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, dari hasil verifikasi perbaikan administrasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, tiga pasangan calon ini memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada Barito Selatan.

"Setelah dilakukan verifikasi perbaikan administrasi, kita juga pada pagi hari ini sudah melaksanakan rapat pleno tertutup dan menetapkan tiga pasangan calon tersebut memenuhi syarat menjadi peserta pilkada Barito Selatan," ucapnya.

Baca juga: Transaksi di Barsel Expo 2024 capai Rp14 miliar

Ia menerangkan, adapun tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati tersebut yakni pasangan calon Pe'i - Ina Prayawati. Kemudian Eddy Raya Samsuri-Khristianto Yudha dan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, Juana-Tini Rusdihatie.

"Surat Keputusan (SK) penetapan tersebut telah kita serahkan kepada masing-masing tim penghubung tiga paslon dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini," ucap Roslina.

Sesuai jadwal, pada 23 September 2024 akan dilaksanakan tahapan pengundian nomor urut tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang akan berkompetisi di Pilkada Barito Selatan.

"Pada Senin (23/9) itu juga akan dilaksanakan kegiatan deklarasi kampanye damai tiga pasangan calon tersebut di KPU Barito Selatan," tambah Roslina.

Acara penyerahan SK penetapan pasangan calon tersebut dihadiri masing-masing penghubung tim kampanye pasangan calon dan dalam kegiatan itu dihadiri anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barito Selatan serta pemangku kepentingan terkait. 

Baca juga: JM Sinaga terpilih secara aklamasi menjadi Ketua PWI Barsel

Baca juga: Hijau Daun dan Putri Aulia meriahkan penutupan Barsel Expo 2024

Baca juga: KPU Barsel sosialisasikan regulasi dan dana kampanye Pilkada 2024