Bambu Rafting akhiri NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di Kalsel

id NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024, loksado, bambu rafting, maxi yamaha, semakin di depan, kalsel, banjarmasin

Bambu Rafting akhiri NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di Kalsel

Bambu rafting mengakhiri rangkaian NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di Kalsel (21/9/2024). (ANTARA/HO-Yamaha)

Palangka Raya (ANTARA) -
NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 yang berlangsung di Kalimantan Selatan (Kalsel) diakhiri dengan arung jeram “bambu rafting”. 

"Tur kali ini sekaligus memperkenalkan berbagai varian motor terbaru Yamaha, salah satunya Nmax Turbo," kata Supervisor Promosi PT STSJ Yamaha Kalselteng Andi Rachman dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Senin.
 
Belasan peserta dari komunitas dan media massa ikut serta menjajal arus Sungai Amandit menggunakan rakit yang terbuat dari bambu. 
 
Meskipun kondisi sungai surut, namun para peserta tetap antusias melintasi setiap jeram yang ada. Bahkan tak terasa peserta berada di atas rakit sekitar kurang lebih satu jam. 
 
Lebih lanjut Andi memaparkan, ada tiga tipe produk baru Yamaha Nmax Turbo yang dikeluarkan di antaranya seperti Standar, Tech Max, dan Tech Max Ultimate.
 
Dia menyebut ada beberapa kelebihan yang disematkan untuk Nmax Turbo. Salah satunya tampilan desain yang terlihat lebih mewah, premium, sporty, hingga penyematan fitur first class seperti TFT Infotainment Display dan juga Navigation System yang sangat mendukung aktivitas perjalanan touring.
 
Tak hanya itu, perubahan besar juga menyasar area dapur pacu motor yang kini telah menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mengadopsi teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), sehingga mampu menghadirkan sensasi turbo saat berkendara. 
 
Menariknya lagi, penggunaan mesin anyar ini tidak hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum yang naik menjadi 14,2 Nm / 6.500 rpm (Torsi pada model sebelumnya adalah 13.9 Nm / 6.500 Rpm), tetapi juga menyajikan beberapa fitur anyar, yakni Riding Mode dan juga Y-shift.

Baca juga: NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 libas jalur terjal Loksado
 
Dengan penambahan teknologi YECVT pada mesin Nmax Turbo membuat skutik ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi, yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3).
 
"Dengan berbagai kelebihan, kami optimis banyak masyarakat yang akan membelinya,” pungkasnya.
 
Taklukkan Loksado
 
Kegiatan tur bertajuk Nmax Turbo Boemi Nusantara 2024 yang digulirkan Yamaha kembali digelar di Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (20/9).
 
Kali ini, Nmax Turbo Boemi Nusantara 2024 menjajal medan terjal Loksado di Hulu Sungai Selatan (HSS). 
 
Adapun rute yang ditempuh dari Banjarmasin menuju Loksado mencapai kurang lebih 149 kilometer. 
 
Supervisor Public Relation PT Yamaha Indonesia Adianto Pangaribuan mengatakan tur kali ini merupakan pengalaman berbeda dibandingkan sebelumnya.
 
“Sebelumnya saya mengikuti Nmax Tour Boemi Nusantara 2024 di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Kerinci.”

Baca juga: Experience Off-Road School STSJ Yamaha, diharap lahirkan trainer off road Banua berkualitas
 
Alasan dia menyebut tur Kalsel memberikan sensasi berbeda, lantaran trek awalnya lurus, kemudian terjal mendekati Loksado.
 
Di medan terjal ini, kata dia, fungsi dari teknologi YECVT itu sangat diperlukan. 
 
“Sehingga kita tak kehilangan momentum ketika tanjakan maupun turunan,” katanya.
 
Setelah ini, pihaknya akan melanjutkan Nmax Turbo Boemi Nusantara 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).
 
“Kemudian kita lanjutkan ke Sulawesi khususnya Makassar,” ujarnya. 
 
Sejauh ini, total jarak yang ditempuh Nmax Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 lebih dari 4.200 kilometer.

Baca juga: Gebyar Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge Sintang berlangsung semarak
 
Sementara itu, General Manager Service Area Kalimantan Selatan, Tengah dan Timur Edi Sunardi menjelaskan semua fitur dan teknologi yang disematkan di Nmax Turbo benar-benar terasa fungsinya.
 
“Saat berkendara kita bisa merasakan bagaimana sensasi turbo itu nyata, bukan gimmick,” ungkapnya.
 
Belum lagi, teknologi YECVT sangat terasa terutama ketika di tikungan dan tanjakan. 
 
“Kita perlu tambahan torsi, tinggal shifting. Motor pun tiba-tiba masih punya napas untuk menanjak. Begitu juga saat turunan. Apalagi tadi rute yang cukup menantang,” jelasnya.
 
Gayung bersambut, anggota Komunitas Squad NMAX Kalimantan, Ridwan mengaku Nmax Turbo sangat ringan, responsif dan bertenaga. 
 
“Apalagi dengan rute yang banyak tikungan dan tanjakan,” bebernya.
 
Ia berharap tur ini tidak hanya memperkenalkan produk, namun juga mempererat silaturahmi sesama komunitas Nmax di Indonesia khususnya Kalimantan Selatan.

Baca juga: Tim Yamaha Racing Indonesia termotivasi jaga peluang juaraARRC

Baca juga: Aldi Satya Mahendra bertekad mengulang podium juara di Sirkuit Prancis

Baca juga: NMAXIBITION Turbo Attack Mini di Banjarmasin disambut antusiasme masyarakat