Masyarakat diminta sadar pentingnya program perlindungan harta benda

id dprd palangka raya, hap baperdu, asuransi, perlindungan harta benda, palangkaraya, musibah, bencana alam, kebakaran rumah

Masyarakat diminta sadar pentingnya program perlindungan harta benda

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Hap Baperdu. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hap Baperdu meminta masyarakat agar dapat lebih sadar terhadap pentingnya program asuransi untuk melindungi harta benda dari dampak musibah, bencana dan lainnya.
 
"Masyarakat seringkali menganggap asuransi sebagai biaya tambahan yang tidak perlu. Padahal, asuransi harta benda merupakan investasi penting untuk melindungi diri dari kerugian finansial akibat bencana alam, kebakaran, atau pencurian," katanya di Palangka Raya, Jumat.
 
Dirinya menjelaskan, asuransi harta benda memberikan jaminan finansial bagi pemilik aset jika terjadi kerusakan atau kehilangan. Adanya asuransi, pemilik aset tidak perlu menanggung beban biaya perbaikan atau penggantian yang besar.
 
Hal ini tentunya dapat membantu masyarakat untuk memulihkan kerugian dan kembali bangkit setelah mengalami musibah maupun bencana yang dialami.
 
"Bayangkan jika rumah masyarakat terbakar, tanpa asuransi, masyarakat tentu harus menanggung biaya perbaikan atau membangun rumah baru dari kantong sendiri. Ini bisa menjadi beban yang sangat berat," ucapnya.

Baca juga: Tingkatkan jiwa sosial generasi muda Palangka Raya melalui ekstrakurikuler PMR
 
Selain itu, lanjut Hap, asuransi harta benda juga memberikan rasa tenang dan keamanan bagi pemilik aset. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan risiko kerugian yang mungkin terjadi, karena sudah terlindungi oleh asuransi.
 
Namun ketika masyarakat telah mengikuti asuransi, bukan berarti masyarakat dapat abai dengan keselamatan diri sendiri yang dikhawatirkan justru menjadi celah hanya untuk mencari ganti rugi dari asuransi.
 
"Tapi tentu asuransi memiliki ketentuan yang ketat sehingga ketika ada kerusakan atau kehilangan yang disebabkan sengaja oleh pemilik aset, maka tidak akan diganti oleh asuransi," ujarnya.
 
Hap Baperdu juga menekankan peran pemerintah dalam mendorong kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi harta benda dari ancaman bencana, musibah, pencurian dan sebagainya.
 
Ia berharap pemerintah dapat meningkatkan program edukasi dan sosialisasi, serta memberikan insentif bagi masyarakat yang memiliki asuransi.
 
"Pemerintah dapat bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk menyelenggarakan seminar, workshop, dan pameran tentang asuransi harta benda," demikian Hap.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta ikut merawat hasil pembangunan

Baca juga: Disdik Palangka Raya sediakan dana hibah untuk sekolah yang terbakar

Baca juga: Difasilitasi KPU, Tim Pemenangan paslon Pilkada Palangka Raya bisa tambah pemasangan APK