Tingkatkan jiwa sosial generasi muda Palangka Raya melalui ekstrakurikuler PMR

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi, Palangka Raya, Kalteng

Tingkatkan jiwa sosial generasi muda Palangka Raya melalui ekstrakurikuler PMR

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi menekankan kepada seluruh orang tua agar dapat meningkatkan jiwa sosial yang dimiliki generasi muda dengan mengikuti ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR).

"Di Palang Merah Remaja ini banyak sekali mengajarkan tentang apa itu nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial dalam menjalani kehidupan sehari-hari," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dirinya menjelaskan, dengan mengikuti palang merah remaja maka generasi muda dapat belajar tentang pertama, donor darah, dan berbagai kegiatan sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, palang merah remaja menjadi wadah yang sangat strategis menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama di kalangan generasi muda.

"Kegiatan positif seperti ini tentu sangat perlu diikuti oleh para generasi muda sehingga mereka tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah dan merusak masa depan generasi muda," ucapnya.

Legislator Palangka Raya ini menyebut palang merah remaja merupakan cikal bakal para pengurus dan anggota Palang Merah Indonesia (PMI) di masa depan. Bahkan, palang merah remaja merupakan wadah yang tepat untuk mencetak generasi muda yang peduli terhadap sesama dan siap menjadi penerus estafet kemanusiaan PMI.

"Dengan bergabung di palang merah remaja, para generasi muda dapat belajar dan mengembangkan diri dalam bidang kesehatan, sosial dan kemanusiaan, mereka juga dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan yang berharga untuk masa depan mereka," ujarnya.

Untuk itu, Politisi Partai Golkar ini pun meminta kepada pemerintah daerah, agar dapat gencar mengadakan perlombaan palang merah remaja untuk menguji ketangkasan mereka selama mengikuti palang merah remaja.

Selain itu, melalui perlombaan juga dapat meningkatkan semangat para generasi muda untuk mengikuti palang merah remaja akibat adanya hadiah serta dikenal oleh banyak orang.

"Tentu adanya hadiah juga menjadi salah satu faktor semangat, tentunya hal tersebut menjadi salah satu bentuk apresiasi pemerintah bagi generasi muda," demikian Hasan.