DPMD Kapuas dukung Program Desa Cantik inisiasi BPS

id dpmd kapuas, kepala dpmd budi kurniawan, desa cantik, cinta statistik, kuala kapuas, bps kapuas

DPMD Kapuas dukung Program Desa Cantik inisiasi BPS

Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan.  (ANTARA/HO-DPMD Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengapresiasi dan mendukung Program Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik yang digagas Badan Pusat Statistik (BPS).
 
“Program ini merupakan langkah sangat positif dalam mendukung pembangunan desa berbasis data yang akurat dan terkini,” kata Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Kamis.
 
Hal itu disampaikan saat menghadiri rapat koordinasi pembinaan Desa Cantik di 12 desa dan 1 kelurahan bertempat di aula rapat BPS Kapuas.
 
Lebih lanjut, Budi menyampaikan, program ini sangat penting bagi pengembangan desa di Kapuas. Melalui program ini, desa-desa didorong lebih memahami pentingnya data statistik dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Baca juga: Pemprov-Pemkab Kapuas kolaborasi sediakan sembako murah di dua kecamatan
 
“Data yang akurat akan menjadi dasar bagi pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya.
 
Ia juga menekankan dukungan terhadap program ini sejalan dengan visi dan misi kabupaten setempat, mewujudkan pembangunan desa lebih mandiri dan berkelanjutan.

Budi berharap dengan adanya Program Desa Cantik, setiap desa di Kapuas lebih mandiri dalam mengelola data dan informasi yang dimiliki, sehingga pembangunan yang direncanakan lebih tepat sasaran.
 
Dia juga mengapresiasi upaya BPS Kapuas dalam memberi pendampingan dan pelatihan kepada aparatur desa, mengenai pentingnya statistik dalam pengelolaan desa.
 
Menurutnya, pendampingan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di tingkat desa, dalam pengelolaan data secara lebih baik.
 
Untuk itu, Budi menegaskan pihaknya siap mendukung penuh segala bentuk kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pembangunan desa. Ia berharap program ini menjadi contoh bagi program-program lain dalam pengembangan desa berbasis data di seluruh Indonesia.

Baca juga: Pj Bupati harapkan Kafilah Kapuas raih prestasi dalam ajang FASI XII

Baca juga: Tim Pemenangan sampaikan program AMAS ke pengurus PWRI Kapuas

Baca juga: Petani di Tumbang Mangkutup diedukasi penguatan perhutanan sosial dan ketahanan pangan