Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Pulang Pisau mendapatkan sebanyak 5 unit alat mesin pertanian (Alsintan) dari sebanyak 300 unit melalui program pembangunan daerah pemilihan atau dana aspirasi disalurkan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Perwakilan Kalimantan Tengah, Hamdani.

Hamdani mengatakan, dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu petani di Kabupaten Pulang Pisau dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dan juga dalam cetak dan perluasan lahan pertanian.

"Ada sebanyak 300 unit Alsintan dan disalurkan kepada masing-masing kabupaten/kota di Kalimantan Tengah," ucap Hamdani di Pulang Pisau, Senin.

Bantuan yang diperoleh dari program pembangunan daerah pemilihan atau dana aspirasi DPR RI ini sebagai dukungan terhadap program nawa cita dari Presiden RI. 

Menurut Hamdani, bukan hanya Alsintan saja yang akan diberikan kepada para petani. Kedepan, kata dia, bantuan-bantuan dalam peningkatan upaya peningkatan bidang Holtikultura seperti bantuan dalam bentuk sarana produksi (Saprodi) bagi petani kembali diperjuangkan oleh DPR RI.

Hamdani menilai, banyak potensi yang bisa dikembangkan petani di Pulang Pisau. Tidak semata tanaman padi, tetapi tanaman seperti bawang merah, bawang putih, cabe, buncis juga memiliki prospek yang cukup menjanjikan. 

Selain itu, dirinya mendorong para petani untuk mengembangkan beras merah yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan kini sudah diekspor hingga ke negara Belgia.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo dalam penyerahan bantuan 5 unit Alsintan meminta kepada petani untuk benar-benar memanfaatkan bantuan yang sudah diperjuangkan para anggota DPR RI.

"Bantuan harus dirawat dan dijaga. Jangan sampai bantuan yang diserahkan kepada kelompok beralih tangan atau dijual, sehingga bantuan tersebut menjadi sia-sia," tandas Edy Pratowo.

Pulang Pisau dalam bidang pertanian, kata Edy Pratowo, masih berada diurutan teratas dalam surplus beras. Tentunya dari peningkatan yang signifikan ada konsekuensi yang ditumbulkan,salah satunya banyak Alsintan maupun bantuan lain yang diserahkan kepada petani.

Edy Pratowo menjelaskan pentingnya koordinasi dan komunikasi anggota DPRD setempat kepada para anggota DPR RI maupun pihak Kementrian terkait dengan program yang ada pada pemerintah pusat. Hal ini agar petani bisa mendapatkan bantuan untuk peningkatan bidang pertanian di daerah setempat.    

Penyerahan Alsintan kepada kelompok tani dilakukan di Dinas Pertanian setempat. Sebanyak 5 unit Alsintan terdiri dari 4 unit handtractor dan 1 unit jhondeer. Selain didampingi Kepala Dinas Pertanian Slamet Untung Rianto, hadir juga anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Ahmad Jayadikarta dan Dwi Erlina. 


Pewarta : Adi Waskito
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024