Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakapolda Kalteng Kombes Pol Dedi Prasetyo akan menindak tegas para pelaku kecurangan pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada bulan Juni 2018 di Provinsi Kalteng. 

"Kita akan tindak tegas oknum masyarakat yang berani berbuat kecurangan di Pilkada yang akan dilaksanakan di 10 kabupaten 1 kota di Kalteng," kata Dedi, Sabtu. 

Dedi mengatakan, agar tidak terjadi kecurangan di pilkada, pihaknya membentuk dua Satuan Tugas (Satgas) yakni Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan Satuan Tugas Anti Politik Uang. 

Selain dua satgas tersebut, Polda Kalteng secara khusus menerjunkan tim cyber crime untuk memantau dan mengantisipasi pelanggaran pilkada yang dilakukan melalui media sosial. 

Diantara potensi penyalahgunaan media sosial dalam pilkada seperti penyebar kebencian, berita bohong, penyebaran isu SARA termasuk "black campaign" atau kampanye hitam.

"Untuk Satgas Anti Politik Uang lebih fokus untuk mengantisipasi penggunaan uang dalam pilkada. Contohnya ketika ada pasangan calon yang bermain politik uang (money politic) satgas itu yang akan menindak tegas," katanya. 

Sementara itu fungsi Satgas Gakkumdu yang di dalamnya diisi Kepolisian, Kejaksaan dan Panwaslu lebih melihat condong menangani pelanggaran pilkada yang akan dilakukan oleh pasangan calon yang akan bersaing. 

"Apabila ada bentuk pelanggaran yang mengarah unsur pidana maka kepolisian dan kejaksaan yang akan memproses. Sedangkan pelanggaran pilkada Panwaslu yang akan menindak tegas sesuai dengan faktanya," beber perwira berpangkat melati tiga tersebut.

Orang nomor dua di Mapolda Kalteng itu menambahkan, pada tanggal 13 Februari 2018 dilakukan deklarasi pemilu damai. Dengan adanya deklarasi tersebut diharapkan bagi pasangan calon maupun tim sukses agar jangan membuat pelanggaran baik mengarah ke pidana maupun pelanggaran pemilu.

"Bagi pasangan calon kita imbau agar pesta demokrasi ini berjalan lancar, setiap pasangan wajib mematuhi aturan yang sudah tertera ketika berkompetisi di pilkada serentak nantinya," tandasnya. 

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024