Pemkab Murung Raya lepas keberangkatan 78 orang calon haji

id Pemkab Murung Raya lepas keberangkatan 78 orang calon haji, kalteng, mura, murung raya, haji, jch, calon haji

Pemkab Murung Raya lepas keberangkatan 78 orang calon haji

Momen pelepasan calon haji Murung Raya yang dilaksanakan di halaman Masjid Agung Al-Istiqlal di Puruk Cahu, Sabtu (18/5/2024). ANTARA/dokumentasi pribadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah, Serampang melepas jamaah calon haji tahun keberangkatan 2024 atau 1445 Hijriah yang dilaksanakan di halaman Masjid Agung Al-Istiqlal di Puruk Cahu, Sabtu.

Jumlah calon haji yang dilepas berjumlah 78 orang yang terdiri dari 33 laki-laki dan 45 perempuan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tujuh, kata Ketua Tim Penyelenggara Ibadah Haji Murung Raya tahun keberangkatan 2024, Fitrianul Fahriman saat acara pelepasan.

"Terdapat dua orang calon haji dari Murung Raya yang ikut kloter empat bergabung dengan Kota Palangka Raya. Karena kebetulan di Kota Palangka Raya ada dua orang yang mundur dan informasi yang kami terima dua jamaah dari Murung Raya yang menggantikan ini sudah sampai di Madinah,” ujar Fitrianul.

Lebih jauh dia menerangkan untuk membantu keberangkatan semua calon haji ini, pemerintah kabupaten mengerahkan lima bus yang dikawal oleh Kepolisian. Rombongan juga didampingi tim dari Satpol PP dan tenaga kesehatan hingga tiba nantinya di Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Sementara itu, Asisten I Setda Murung Raya, Serampang mengatakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah bahwa pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan.

Baca juga: KPU Murung Raya lantik 50 anggota PPK

Pembinaan meliputi pembimbingan, penyuluhan, dan penerangan. Kemudian pelayanan meliputi pelayanan transportasi, administrasi, kesehatan, akomodasi dan perlindungan kesehatan serta keselamatan.

Untuk itulah maka Pemerintah Kabupaten Murung Raya telah membantu menyediakan fasilitas untuk kemudahan, kenyamanan yang diperlukan oleh setiap warga negara.

"Dalam hal ini khususnya calon haji Kabupaten Murung Raya yang akan melaksanakan ibadah haji mulai dari kegiatan manasik haji, pemberangkatan hingga penjemputan,” demikian Serampang.

Sementara itu, suasana pelepasan pemberangkatan jamaah calon haji asal Murung Raya ini berlangsung dalam suasana haru. Tidak sedikit pihak keluarga berlinang air mata saat melepas keberangkatan kerabat mereka tersebut ke tanah suci.

Semua mendoakan agar jamaah calon haji diberikan keselamatan, kesehatan, kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ibadah haji. Mereka juga didoakan menjadi haji yang mabrur dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi ketika sudah kembali di tanah air.

Baca juga: Murung Raya kirim 237 peserta bertanding di FBIM

Baca juga: Hadapi Pilkada Murung Raya, Akhmad Tafruji-Pujo Sarwono ikuti jalur perseorangan

Baca juga: Nuryakin-Sirajul Rahman miliki potensi kembali bersama hadapi Pilkada 2024