Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran memastikan 10 dari 11 Kepala Daerah terpilih dalam pemilihan serentak tahun 2018 akan dilantik pada tanggal 24 September tahun ini. 

"Sembilan kabupaten dan satu kota yang dilantik. Pelantikannya di Istana Isen Mulang, Senin (24/9). Kalau Gunung Mas kan masa jabatan Bupatinya berakhir tahun 2019. Jadi, hanya 10 saja yang dilantik," singkat Sugianto di Palangka Raya, Kamis (20/9/18).

Adapun Kepala Daerah yang akan dilantik yakni, Wali Kota/Wakil Wali Kota Palangka Raya, Bupati dan Wakil Bupati Katingan, Seruyan, Lamandau, Sukamara, Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, Pulang Pisau, dan Kapuas.

Penjabat Sekda Kalteng Fahrizal Fitri menambahkan, kepastian pelantikan 10 Kepala Daerah tersebut setelah adanya surat keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga Pemerintah Provinsi mempersiapkan proses pelantikan.

"Masa jabatan Wali Kota/Wakil Wali Kota Palangka Raya dan Bupati/Wakil Bupati Barito Utara kan berakhir 23 September 2018. Jadi, biar bersamaan dengan yang lain, dijadwalkanlah pelantikan tanggal 24 September 2018," kata Fahrizal.

Dia pun memastikan semua prosesi pelantikan terus dimatangkan, dan pemberitahuan lebih awal pelantikan pun telah disampaikan kepada Kepala Daerah terpilih. Hanya, untuk tim sukses masing-masing Kepala Daerah akan dibatasi saat pelantikan tersebut.

Dia mengatakan, pembatasan kehadiran tim sukses tersebut karena mempertimbangkan daya tampung Istana Isen Mulang, dan mencegah terjadinya penumpukan. Apalagi seluruh instansi vertikal yang ada di Provinsi Kalteng turut diundang dalam pelantikan tersebut.

"Acara pelantikannya kan juga standar saja. Tidak ada acara khusus. Jadi, tidak perlulah semua tim sukses masing-masing Kepala Daerah hadir. Cukup beberapa saja yang mewakili. Siangnya juga kan langsung dilaksanakan pelantikan Ketua PKK di sembilan kabupaten dan satu kota," demikian Fahrizal. 

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024