Ada chemistry alasan SKY mendaftar ke Partai Demokrat jadi bacalon pilkada 2024

id Sekretaris PDIP Kalteng, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, PDIP, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto, SKY, PDIP Kalteng, Kalteng,pilkada k

Ada chemistry alasan SKY mendaftar ke Partai Demokrat jadi bacalon pilkada 2024

Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit Karyawan Yunianto (SKY) saat menyerahkan berkas pendaftaran bacalon gubernur maupun bacalon wagub Kalteng kepada Sekretaris DPD Demokrat Kalteng Junaidi di Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024). ANTARA/HO-PDIP Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Tengah Sigit Karyawan Yunianto (SKY) menjadi orang pertama yang mendaftar ke Partai Demokrat Kalteng dari kader parpol lain, agar diusung sebagai bakal calon gubernur ataupun wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Sejak dahulu hubungan serta komunikasi PDIP dengan Partai Demokrat sudah sangat bagus, kata Sigit usai menyampaikan berkas pendaftaran sebagai bacalon gubernur maupun bacalon wagub Kalteng ke DPD Partai Demokrat Kalteng di Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024). 

"Ada chemistry juga. Jadi, ya sudah kita tetap mendaftar ke Partai Demokrat. Saya memang baru mendaftar ke partai sendiri (PDIP) dan Partai Demokrat," beber dia.

Sigit yang juga Ketua DPRD Kota Palangka Raya itu pun mengaku belum dapat memastikan apakah akan mendaftar ke Partai Politik (Parpol) lain, agar dapat berkompetisi dalam Pilkada Kalteng 2024. Dirinya masih melihat perkembangan politik sekaligus pertimbangan dari berbagai pihak, apakah memang diperlukan mendaftr ke parpol lain.

"Yang jelas, saya ingin mengabdi kepada masyarakat dan memajukan pembangunan di Kalteng. Ingin terlibat lebih luas dalam memajukan pembangunan. Selama ini saya kan penyambung aspirasi dari masyarakat Kota Palangka Raya. Itu saja tujuan," kata dia.

Baca juga: Baru Nadalsyah dan SKY mendaftar ke Partai Demokrat jadi bacalon di Pilkada Kalteng

Ketua Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini menyebut pendaftaran dirinya sebagai bacalon gubernur ataupun bacalon wagub Kalteng saat ke PDIP, bukan melalui DPP atau DPD atau DPC, melainkan ranting atau tingkat kecamatan paling bawah. Hal itu sebagai bentuk komitmen sekaligus bukti keseriusan untuk memberikan perhatian sampai ke tingkat paling terkecil.

"Jadi masyarakat dapat menilai, mana kandidat yang memiliki keberpihakan kepada masyarakat paling bawah atau tidak. Sekali lagi, saya ikut kontestasi pilkada tahun 2024, sepenuhnya ingin mengabdi kepada masyarakat Kalteng," demikian Sigit.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalimantan Tengah Junaidi mengaku bahwa sampai saat ini baru Nadalsyah dan Sigit Karyawan Yunianto (SKY), yang mendaftar sebagai bakal calon dalam pemilihan kepala daerah Kalteng tahun 2024 kepada pihaknya.

"Nadalsyah yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Kalteng mendaftar sebagai bacalon gubernur. Kalau pak Sigit (SKY) mendaftar ke partai kami sebagai bacalon gubernur maupun bacalon wagub Kalteng. Jadi, baru dua itu yang mendaftar ke kami," kata Junaidi.

Baca juga: Sigit mendaftar Pilkada Kalteng lewat enam pengurus Ranting PDI-P Katingan

Baca juga: Ketua Demokrat Kalteng mendaftar ke PDIP jadi Bacagub di Pilkada 2024

Baca juga: Waket DPRD Kalteng mendaftar ke PDIP dan Nasdem jadi bacagub di Pilkada 2024