Baru Nadalsyah dan SKY mendaftar ke Partai Demokrat jadi bacalon di Pilkada Kalteng

id Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalimantan Tengah, Junaidi, Partai Demokrat Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, sigit k yunianto, sky, pilkada 2024

Baru Nadalsyah dan SKY mendaftar ke Partai Demokrat jadi bacalon di Pilkada Kalteng

Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalimantan Tengah Junaidi (kanan tiga) saat menerima pendaftaran bacalon gubernur maupun bacalon wagub pada pilkada Kalteng 2024 di kantor Demokrat Kalteng, Sabtu (18/5/2024). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalimantan Tengah Junaidi mengaku bahwa sampai saat ini baru Nadalsyah dan Sigit Karyawan Yunianto (SKY), yang mendaftar sebagai bakal calon dalam pemilihan kepala daerah Kalteng tahun 2024 kepada pihaknya.

Nadalsyah yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Kalteng mendaftar sebagai bacalon gubernur, kata Junaidi usai menerima berkas pendaftaran SKY sebagai bacalon dalam pilkada Kalteng 2024 di Palangka Raya, Sabtu sore.

"Kalau pak Sigit (SKY) mendaftar ke partai kami sebagai bacalon gubernur maupun bacalon wagub Kalteng. Jadi, baru dua itu yang mendaftar ke kami," ucapnya.

Dirinya pun menegaskan bahwa Partai Demokrat terbuka bagi siapapun yang ingin mendaftar sebagai bacalon gubernur ataupun wagub Kalteng dalam Pilkada 2024. Untuk itu, pihaknya selaku pengurus DPD Demokrat Kalteng akan menunggu sampai akhir Mei 2024 bagi siapapun yang mendaftar dan diusung dalam Pilkada 2024.

Junaidi mengatakan bahwa DPP Partai Demokrat memerintahkan sekaligus mewajibkan pengurus DPD di seluruh Indonesia, termasuk Kalteng, agar membuka pendaftaran bacalon gubernur maupun wakil gubernur dalam pilkada serentak tahun 2024. Para pendaftar tersebut dibuka secara luas, baik di internal Partai Demokrat maupun eksternal atau dari luar.

"Kami sudah mengundang siapapun putra terbaik daerah ini, yang ingin maju sebagai bacagub ataupun bacawagub di Pilkada Kalteng, silahkan mendaftar ke partai Demokrat. Kami akan menunggu sampai akhir Mei 2024. Setelah itu, kami akan melakukan pemaparan ke DPP Partai Demokrat," ucapnya.

Baca juga: Ketua Demokrat Kalteng mendaftar ke PDIP jadi Bacagub di Pilkada 2024

Ketika ditanya peluang Nadalsyah selaku Ketua Partai Demokrat Kalteng berpasangan dengan SKY selaku Sekretaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalteng dalam pilkada 2024, Junaidi menyatakan tidak menutup kemungkinan. Termasuk Nadalsyah berpasangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Kalteng Abdul Razak, juga tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.

Hanya saja, Nadalsyah tegas Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalteng ini, hanya mau menjadi bacalon Gubernur Kalteng di Pilkada 2024. Sedangkan bila menjadi bacalon Wakil Gubernur Kalteng, Nadalsyah lebih memilih mengabdi sebagai Anggota DPR RI periode 2024-2029.

"Pak Nadalsyah kan anggota DPR RI terpilih dalam pemilu 2024 kemarin. Jadi, beliau mau ikut berkompetisi di Pilkada Kalteng tahun 2024 ini apabila sebagai bacalon gubernur, bukan bacalon wagub," demikian Junaidi. 

Baca juga: Waket DPRD Kalteng mendaftar ke PDIP dan Nasdem jadi bacagub di Pilkada 2024

Baca juga: Mencalon di Pilkada Kalteng 2024, Sigit K Yunianto mendaftar di ranting PDIP

Baca juga: Hadapi Pilkada 2024, Nuryakin tak hanya mendaftar sebagai Bacagub Kalteng