Sampit (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Sinar Kamala mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 48 desa yang tersebar di 16 kecamatan, berlangsung aman dan lancar.

"Suksesnya pelaksanaan pilkades serentak 15 Desember lalu tentunya tidak terlepas dari peran semua pihak, yaitu panitia, aparat keamanan dan masyarakat," katanya di Sampit, Senin.

Pilkades serentak untuk keduakalinya tersebut diharapkan menghasilkan kepala desa yang berkualitas, amanah dan sesuai dengan harapan masyarakat desa.

“Kami atas nama lembaga DPRD sangat mengapresiasi pelaksanaan pilkades serentak. Mudah-mudahan kondisi yang kondusif bisa terus terjaga," tambahnya.

Sinar menilai, pemerintah tidak sia-sia membiayai pelaksanaan pilkades serentak tersebut karena benar-benar dimanfaatkan maasyarakat sesuai dengan tujuan. 

"Saya berharap calon kepala desa yang tidak terpilih bisa legowo dan menerima hasilnya. Kepada kepala desa terpilih hendaknya bisa merangkul mereka yang kalah, sehingga bisa bersama bahu membahu membangun desa," katanya.

Pembangunan desa tentunya tidak akan dapat berjalan dengan baik jika tidak mendapat dukungan seluruh masyarakat desa.

"Masyarakat memilih hendaknya mendukung siapapun yang terpilih. Dan masyarakat juga harus mengakhiri dan mengesampingkan dukung mendukung calon karena hal tersebut telah berakhir dengan terpilihnya kepala desa," ucapnya.

Sinar mengaku, dirinya mengunjungi dan memantau ke sejumlah desa dan tempat pemungutan suara. Saat perhitungan suara memang persaingan sempat memanas. Tetapi pendukung para calon kepala desa lebih dewasa dalam berpolitik.

"Ini adalah bukti jika masyarakat telah dewas serta pintar dalam berpolitik. Saya ingin pelaksanaan pilkades serentak 2018 ini nantinya bisa menjadi contoh," ucap politisi Partai Golkar itu.


Pewarta : Untung Setiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024