Pemkab Kotim anggarkan Rp1 miliar untuk transportasi JCH ke embarkasi

id Pemkab Kotawaringin Timur, Kotim, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Timur, kalteng

Pemkab Kotim anggarkan Rp1 miliar untuk transportasi JCH ke embarkasi

Suasana rapat panitia penyelenggara haji Kotim 2024, Selasa (30/4/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim.

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah menganggarkan sekitar Rp1 miliar untuk sewa pesawat yang digunakan antar jemput jamaah calon haji (JCH) menuju dan dari Embarkasi Syamsudin Noor di Kalimantan Selatan.

"Tahun ini kami anggarkan Rp1 miliar untuk sewa pesawat dua kali pulang pergi mengantarkan JCH menuju dan dari embarkasi," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Rihel di Sampit, Selasa.

Dikatakan, Pemkab Kotim  bersama sejumlah pemangku kepentingan telah melaksanakan rapat terkait keberangkatan haji Kotim tahun 2024. Berdasarkan rapat tersebut disepakati bahwa Pemkab Kotim kembali menyewa pesawat dari Maskapai Penerbangan Nam Air dengan rute Sampit-Banjarmasin untuk dua kali penerbangan.

Kemudian, setibanya di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru para jamaah akan diantar menuju asrama haji menggunakan bus Damri, sedangkan untuk angkutan barang, seperti koper dan tas JCH dari Sampit menuju asrama haji menggunakan truk. 

"Mekanisme ini diharapkan dapat meminimalisir kelelahan dari jamaah akibat perjalanan menuju Embarkasi. Karena perjalanan mereka menuju Madinah masih panjang," ucapnya.

Program sewa pesawat untuk antar jemput JCH ini mulai dilaksanakan Pemkab Kotim pada tahun 2022. Di mana program ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada para jamaah yang sebelumnya harus menempuh perjalanan lebih dari delapan jam menuju Embarkasi di Kalimantan Selatan.

Hal tersebut dikhawatirkan membuat jamaah kelelahan, sehingga mengganggu dalam menjalankan ibadah haji. Dengan bantuan ini pihaknya berharap para jamaah bisa lebih khusyuk beribadah dan pulang ke Tanah Air dalam kondisi sehat.

Baca juga: KPU Kotim perpanjang pendaftaran calon anggota PPK di 12 kecamatan

Sementara itu, JCH Kotim tahun ini berjumlah 161 orang terdiri atas 74 laki-laki dan 87 perempuan. Selain itu, ada 3 Petugas Haji Daerah (PHD) yang akan mendampingi, sehingga total yang diberangkatkan sebanyak 164 orang.

JCH Kotim dijadwalkan mulai memasuki asrama UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada tanggal 18 Mei 2024 pukul 09.00 WITA. JCH Kotim akan tergabung dalam kloter BDJ 6 bersama JCH Kabupaten Kapuas dan Katingan. Kloter BDJ 6 dijadwalkan berangkat menuju Madinah pada tanggal 19 Mei 2024.

JCH Kotim baru selesai mengikuti manasik haji yang digelar Kemenag setempat, dari 22-29 April 2024, bertempat di kompleks Islamic Center Sampit. Disamping mendapat pembekalan terkait tata cara haji, doa dan aturan yang berlaku, para jamaah juga mendapat vaksin meningitis dari Dinkes Kotim.

Baca juga: Pemkab Kotim-Kemenkominfo klarifikasi data usulan penguatan sinyal desa

Baca juga: Produksi perikanan Kotim terus meningkat

Baca juga: Kementan bantu kembangkan pertanian Kotim melalui optimasi lahan dan pompanisasi