Palangka Raya (ANTARA) - Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-55 tahun, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Tengah menggelar turnamen futsal upt se-Kalteng dari tanggal 19 - 21 April 2019, yang dilaksanakan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II A Kota Palangka Raya.

Acara tersebut resmi dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalteng Jevius Siathen yang memwakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng Juliasman Purba yang saat ini berhalangan tidak bisa hadir, karena sedang ada tugas di Jakarta, Jumat.

Jevius Siathen mengatakan, turnamen futsal ini selain memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan juga sebagai wadah ajang silaturahmi antar UPT se-Kalteng, serta merupakan dukungan dalam upaya menggalakan olah raga agar memiliki jasmani yang sehat sehingga menghasilkan kinerja yg baik, dengan jasmani yang sehat maka tercipta ide-ide kreatif dan inovatif.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kepada seluruh kepala rutan, lapas atas kehadirannya dan dukungannya pada acara turnamen futsal ini.

"Saya sampaikan, bahwa kegiatan acara ini baru kali pertamanya di gelar di Kalteng. Oleh sebab itu, mari kita lakukan pertandingan yang bahagia, gembira ini dengan tetap menjaga sportifitas tinggi dalam memberikan dukungan yang terbaik buat timnya masing-masing," katanya.

Selain itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat Anthonius M Ayorbaba, yang juga mantan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Kalteng ikut hadir pada kegiatan tersebut.

Selanjutnya, Kepala Pengamanan Rutan Klas II A Kota Palangka Raya Oktario mengatakan, bahwa kegiatan ini diikuti 12 tim UPT se-Kalteng yang ada dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Dimana acara puncak Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-55 akan dilaksanakan pada 27 April 2019 nanti.

"Pertandingan ini dilakukan sampai final dengan 20 pertandingan melalui sistem setengah kompetisi dibagi empat grup. Sehingga, nantinya akan diambil juara grup dan runner up. Dan pertandingan ini kita targetkan tiga hari selesai," kata Oktario.

Pihaknya juga mengatakan, kegiatan turnamen ini dilakukan dari pagi hingga malam hari. Supaya yang dari daerah jangan terlalu lama mengikuti kegiatan ini. 

Selanjutnya, ada 12 tim yang akan di pertandingkan dari 19 UPT se-Kalteng, semua diadakan di lapangan rutan. Untuk kegiatan yang mana kali pertama dilaksanakan ini, Rutan Klas II A Kota Palangka Raya sebagai tuan rumah penyelenggara turnamen futsal dalam memperebutkan piala bergilir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, dimana nantinya turnamaen ini akan diadakan setiap tahunnya.

Pewarta : Ronny NT/Anwar S Pandiangan
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024