Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin menyatakan bahwa pihaknya sedang berupaya meningkatkan pengamanan penyimpanan arsip daerah, salah satunya dengan menyiapkan depot arsip.

"Kami sudah menyediakan gedung depot arsip yang nantinya digunakan sebagai tempat penyimpanan semua arsip. Jadi kedepan, arsip Pemkot semakin tertata, terjaga, dan terpelihara serta tersimpan dengan aman bahkan rapi," kata Fairid Naparin di Palangka Raya, Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan kepala daerah termuda di Provinsi Kalimantan Tengah tersebut di sela acara peresmian layanan gedung layanan perpustakaan dan depot arsip Kota Palangka Raya yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,

Kedua gedung yang baru diresmikan operasinya oleh wali kota itu berada di dua lokasi berbeda. Pertama gedung layanan perpustakaan berlokasi di Jalan Diponegoro dan Gedung Depot Arsip berada di Jalan Tjilik Riwut, komplek kantor wali kota, Palangka Raya.

"Saya juga berharap dengan diresmikannya layanan perpustakaan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa," katanya.

Baca juga: DPRD Palangka Raya perkirakan target PAD di SKPD banyak tak tercapai

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya, Norma Hikmah mengatakan selain peresmian gedung layanan perpustakaan dan depot arsip juga mulai mengoperasionalkan perpustakaan digital.

Perpustakaan digital itu juga sebagai upaya meningkatkan layanan pemerintah kepada masyarakat di "Kota Cantik" itu memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi.

Melalui perpustakaan digital ini kami juga berharap masyarakat yang memiliki rutinitas kegiatan yang tinggi tetap mudah mencari referensi berupa bahan bacaan yang sudah didigitalisasi.

Terlebih lagi saat ini juga tengah terjadi pandemi COVID-19 yang mengharuskan setiap warga membatasi jarak fisik dan tidak berkerumun. Untuk itu perpustakaan digital menjadi salah satu alternatif masyarakat mendapatkan pengetahuan.

Baca juga: Dinas Perdagangan antisipasi lonjakan harga saat Natal

Baca juga: Kapolresta Palangka Raya terima penghargaan penanganan COVID-19

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024