Perlu kolaborasi semua pihak tangani gepeng di Palangka Raya

id Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Susi Idawati, DPRD Kota Palangka Raya, DPRD, Kota Palangka Raya, kalteng

Perlu kolaborasi semua pihak tangani gepeng di Palangka Raya

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Susi Idawati. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Susi Idawati menyatakan bahwa sangat diperlukan adanya kolaborasi seluruh pihak dalam menangani permasalahan gembel dan pengemis (gepeng) di daerah ini.

"Permasalahan gepeng di Palangka Raya merupakan isu yang kompleks dan membutuhkan penanganan yang komprehensif," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, Pemerintah Kota Palangka Raya tidak dapat menangani masalah ini sendiri, melainkan membutuhkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Untuk itulah dibutuhkan kolaborasi dan sinergi dari semua pihak, salah satunya masyarakat, agar penanganannya dapat berjalan efektif.

"Gembel dan pengemis ini juga semakin banyak karena ada masyarakat yang memberikan peluang atau memberikan mereka uang," ucap Susi.

Legislator Palangka Raya itu pun menekankan bahwa selain pemerintah, peran serta masyarakat juga sangat penting dalam upaya penanganan gembel dam pengemis.

Masyarakat diminta untuk tidak memberikan bantuan secara langsung kepada gembel dan pengemis, melainkan menyalurkannya melalui lembaga atau organisasi sosial yang terpercaya.

"Masyarakat juga harus berperan aktif, jangan memberikan bantuan secara langsung kepada gepeng. Salurkan bantuan melalui lembaga atau organisasi sosial yang terpercaya," ujarnya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya imbau waspadai dampak cuaca ekstrem terhadap kesehatan

Susi berharap, dengan adanya kolaborasi dan sinergi dari semua pihak, permasalahan gembel dan pengemis di Kota Palangka Raya dapat ditangani dengan baik. Dengan demikian, ke depan Kota Palangka Raya dapat menjadi lebih cantik sesuai dengan ikon Kota Palangka Raya, yakni Kota Cantik.

"Saya meyakini bahwa penanganan yang komprehensif dan terintegrasi akan memberikan hasil yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat," demikian Susi Idawati.

Baca juga: DPRD Palangka Raya dorong penertiban pengemis lebih digencarkan

Baca juga: Cegah kriminalitas remaja, satuan pendidikan di Palangka Raya diminta maksimalkan peran BK

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diajak manfaatkan Kalteng Expo 2024 untuk bayar PBB