Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mengapresiasi langkah dan keseriusan Ninuk Muji Rahayu selaku Camat Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur, dalam mendukung masyarakat setempat mengembangkan bahkan ikut langsung mempromosikan buah Naga berwarna Hijau.

Buah Naga yang ada di Kecamatan Kota Besi ini terbilang unik karena kulit luarnya berwarna hijau namun isi di dalamnya tetap berwana merah dan terlihat sangat segar, kata Teras Narang usai berdialog dengan Camat dan lurah serta kepala desa yang adai di Kecamatan Kota Besi melalui virtual dalam rangka reses DPD RI, Sabtu.

"Ini potensi yang menurut saya istimewa dan perlu dikembangkan secara masif. Buah Naga berwarna Hijau ini saya yakini dapat menjadi daya tarik sekaligus membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, terkhusus  petani yang menanam," ucapnya.

Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu pun mendorong sekaligus mengajak semua pihak, baik itu pemerintah daerah, pelaku usaha maupun lainnya, dapat bersinergi dan bersama-sama mengembangkan tanaman Buah Naga Hijau ini. Sebab, Buah Naga Hijau ini banyak diperjualbelikan pengepul ke Pontianak, Kalimantan Barat bahkan hingga di Malaysia.

Teras Narang mengatakan beberapa cara yang dapat dilakukan yakni, pemda kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam menanam dan mengembangkan tanaman Buah Naga Hijau, adanya dukungan tata kelola usaha lewat BUMDes, dan pelaku usaha bisa menjadi pihak yang menyerap hingga membantu memasarkan produk unggulan di Kecamatan Kota Besi itu.

"Potensi ekonomi dibalik buah Naga dari Desa Kandan di Kecamatan Kota Besi ini sangat besar, sehingga perlu dikelola secara benar dan optimal," katanya.

Senator asal Provinsi Kalimantan Tengah itu juga mengharapkan pemda jeli dan memberi dukungan infrastruktur dalam pengembangan buah Naga Hijau ini. Sebab, di Kecamatan Kota Besi, infrastruktur perhubungan, jaringan listrik hingga akses internet yang berkualitas masih jadi tantangan.

Baca juga: Pancasila dan SDGs Desa satu tarikan nafas, kata Teras Narang

Dia mengatakan ini problem dasar yang mesti dijawab agar sejalan dengan arah program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Apalagi, kepemimpinan perempuan dari Camat Ninuk  bisa menjadi modal mendorong SDGs Desa di Kecamatan Kota Besi, terutama dalam mewujudkan desa ramah perempuan dan anak, yang dalam perekonomian selalu menjadi pihak yang paling terdampak.

"Jadi, saya mengajak semua pihak bisa saling bersinergi dalam memajukan pembangunan dan perekonomian masyarakat yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah," demikian Teras Narang.

Sebelumnya, Camat Kota Besi Ninuk Muji Rahayu menyampaikan terima kasih atas kesempatan bisa berdialog dengan Teras Narang selaku Anggota DPD RI sekaligus salah seorang tokoh Kalteng yang begitu luarbiasa memberikan perhatian terhadap kemajuan pembangunan di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini. 

Dia pun menyampaikan kepada Teras Narang bahwa pihaknya sekarang ini sedang mengalami tantangan dalam mengoptimalkan potensi pengembangan ekonomi masyarakat di wilayahnya. Di mana pihaknya sedang berupaya mengembangkan kawasan agro wisata di Desa Kandan, yang memiliki keunikan dalam hal tanaman buah Naga.

"Buah naga kan pada umumnya berwarna merah, tapi produk dari Desa Kandan sendiri berwarna hijau. Selama ini, buah naga ini dibeli pengepul dan dipasarkan ke Pontianak bahkan Malaysia. Kami ingin ini dikembangkan secara optimal agar semakin berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," kata Ninuk.

Baca juga: Teras Narang dukung dan dorong pelaksanaan program SDGs Desa

Baca juga: Teras dukung percepatan pengajuan Prodi Profesi Ners Poltekkes Palangka Raya

Baca juga: Teras ingatkan protokol kesehatan dan keselamatan publik

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024