Palangka Raya (ANTARA) - Basket Kalimantan Tengah Muda kali pertamanya dalam sejarah masuk dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional XVI yang akan dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 21-25 Oktober 2021.

Muhammad Faisal selaku tim penyeleksi Basket Kalteng Muda di Palangka Raya, Kamis, mengatakan ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) kali ini merupakan kesempatan langka dan bersejarah bagi Provinsi  Kalteng dalam mengikuti ajang bergengsi tersebut.

“Tadinya untuk bisa masuk ke jenjang Popnas ini, harus bisa melalui seleksi Popda hingga Popwil terlebih dahulu. Kebetulan hingga saat ini masih di tengah pandemik COVID-19, setiap daerah bisa langsung mengirimkan timnya bagi yang bersedia untuk berlaga di ajang Popnas,” kata Faisal.

Selain itu, kata mantan anggota DPRD Kota Palangka Raya itu menambahkan, persyaratan paling utama dalam mengikuti Popnas ini ialah persetujuan dari orang tua, masih berstatus pelajar, dan keinginan kuat untuk ikut bertanding.

Tim Basket Kalteng Muda menyiapkan setidaknya 12 orang atlet pada rentang kelahiran maksimal tahun 2004 setelah hasil seleksi.

Baca juga: Pelatih berlisensi nasional latih klub basket BGU Palangka Raya
  Potret para atlet tengah berkumpul untuk pengarahan dari Coach. Kamis (20/1/2021). (ANTARA/Puspa Argarini)

Para pelajar ini harus menghadapi tahap penyeleksian yang dilakukan bersama dengan beberapa daerah kabupaten di Kalteng.

“Pada tahap penyeleksian untuk  Barito Selatan ada delapan orang, Gunung Mas lima orang, Kotawaringin Timur dua orang, dan Pangkalan Bun tiga orang. Sedangkan daerah yang sudah datang cukup banyak yakni dari Pulang Pisau dan Kapuas. Ada juga beberapa atlet yang diinginkan oleh pelatih namun tidak bisa bergabung, dikarenakan tidak diijinkan oleh orang tua dengan sejumlah faktor seperti adanya pandemi COVID-19,” ucap Faisal.

Disamping itu, Kevin selaku Ketua Tim Basket Kalteng mengatakan, para atlet diberikan sejumlah fasilitas seperti sepatu basket, jersey untuk latihan, tempat tinggal serta makanan sehari-hari.

“Hal ini dilakukan untuk lebih memicu semangat para atlet yang akan berlaga di Popnas nantinya,” kata Kevin usai berlatih di GOR Thamrin Palangka Raya.

Baca juga: Terbuka untuk umum, BGU gelar penataran pelatih dan wasit bola basket 'FIBA Rules 2018'

Baca juga: 13 tim siap bersaing pada Perbasi Cup Kota Palangka Raya

Baca juga: Air Ball Palangka Raya ajak pecinta olahraga sukseskan pemilu serentak 2019

Pewarta : Tsaniyah Puspa Argarini/Mahasiswi Magang
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024