Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan vaksinasi massal COVID-19, sebagai upaya percepatan pencapaian sasaran target khususnya terhadap pelayan publik.

Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada 20-21 Maret 2021 itu pun dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul saat dihubungi dari Palangka Raya, Jumat.

"Iya, besok pelaksanaannya," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp.

Dalam surat pemberitahuan mengenai vaksinasi massal yang ditujukan kepada kepala, pimpinan maupun direktur berbagai instansi tersebut, kegiatan akan dipusatkan di GOR Indoor Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

Suyuti memaparkan, sasaran vaksinasi merupakan ASN pelayan publik baik yang bertugas pada instansi lingkup pemprov, vertikal, termasuk sebagian juga dari anggota TNI dan Polri serta ASN Pemkot Palangka Raya.

"Semua vaksin dari pusat. Sedangkan vaksinator yang bertugas menyesuaikan saja situasi lapangan. Pastinya semua sarana fasilitas kesehatan di Palangka Raya menyumbang tenaga," ungkap Suyuti.

Sementara itu berdasarkan surat lampiran kegiatan vaksinasi massal ini, akan ada sekitar 37 instansi, lembaga maupun badan yang pegawainya akan divaksin. Jumlah peserta dari masing-masing instansi pun bervariasi, ada yang puluhan, bahkan seratus orang lebih.

Lebih lanjut peserta vaksinasi diminta memerhatikan serta menaati sejumlah hal, diantaranya peserta selama kegiatan menjaga ketertiban, keamanan dan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan.

Diharapkan datang tepat waktu sesuai yang telah ditentukan, karena hari maupun jam pelaksanaan vaksinasi untuk masing-masing instansi telah ditetapkan berbeda-beda.

Untuk diketahui, vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Vaksinasi hingga kini telah memasuki tahap kedua, yang dimulai pada tahap awal dengan sasaran tenaga kesehatan dan berlanjut sampai sekarang menyasar para lansia serta petugas pelayan publik.

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024