Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Murung Raya gelar vaksinasi massal

id Pemkab murung raya, vaksinasi rabies, puruk cahu, mura, murung raya

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Murung Raya gelar vaksinasi massal

Penyuntikan vaksin rabies secara simbolis pada kegiatan vaksinasi massal dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia yang dilaksankan di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan di Puruk Cahu, Sabtu (7/10/2023) (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian dan Perikanan melaksanakan vaksinasi massal, memperingati Hari Rabies Dunia yang dilaksankan di Puruk Cahu, Sabtu (7/10).

Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Murung Raya, Humerus Elmar mengatakan, sejak diumumkan pelaksanaan vaksinasi rabies massal secara gratis sebulan lalu, total ada 64 orang yang mendaftarkan hewan peliharaannya.

"Rinciannya ada 92 ekor anjing, kucing 46 ekor, musang 1 ekor dan monyet 1 ekor. Total yang divaksin ini diakumulasikan secara nasional yang serentak dilaksanakan semua daerah di Indonesia dalam rangka memecahkan rekor MURI vaksin rabies dengan peserta terbanyak," terang Elmar.

Dia mengatakan, vaksinasi rabies ini memang perlu dilakukan setiap satu bulan sekali untuk mencegah terjadinya penularan penyakit hewan ke manusia atau biasa disebut zoonosis.

"Dari data kami di Murung Raya ini ada 127 kasus gigitan hewan, dan patut kita syukuri tidak ada mengarah ke penyakit rabies. Untuk kegiatan ini juga kami menyediakan 350 dosis vaksin rabies," tambah Elmar.

Baca juga: Minimalisir dampak asap, Dinkes Murung Raya bagikan masker kepada warga

Sementara itu Asisten III Setda Kabupaten Murung Raya, Batara saat menyampaikan sambutan penjabat bupati mengatakan, momentum Hari Rabies Sedunia diharapkan menyadarkan semua pihak bahwa penyakit tersebut hingga saat ini belum ada obatnya.

"Walaupun sampai saat ini belum ada obatnya, tetapi masih bisa dicegah dengan cara pemberian vaksin terhadap hewan yang memiliki potensi penular rabies, serta pemberian serum anti rabies kepada korban rabies," ujar Batara.

Selain itu, Batara berharap melalui vaksinasi rabies massal tersebut masyarakat Murung Raya yang memiliki hewan peliharaan dapat menyadari pentingnya vaksinasi, dan terus dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali.

Baca juga: Penjabat Bupati: Mura miliki kandang penyangga untuk tanggulangi inflasi

Baca juga: Murung Raya berangkatkan 22 Kafilah ikuti MTQ VII Korpri tingkat Kalteng

Baca juga: KNPI ajak semua OKP untuk bersinergi bangun Murung Raya