Palangka Raya (ANTARA) - Jajaran Polsek Pahandut kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, rutin melaksanakan patroli dialogis di toko-toko perhiasan yang berada di kawasan Pasar Besar kota setempat, untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

Kapolsek Pahandut Kompol Susilowati melalui piket Pos Polisi (Pospol) Pasar Besar Aipda Agus Triyanto bersama rekannya Aipda I Nyoman Yosep, Selasa, mengatakan patroli yang sering dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas di daerah setempat.    

"Selain berpatroli di toko perhiasan milik warga tersebut, kami juga memberikan imbauan terhadap masyarakat baik pengunjung maupun pedagang setempat, agar tetap berhati-hati ketika beraktivitas," kata Agus Triyanto.

Selain imbauan yang disampaikan, dua anggota Pos Polisi Pasar Besar tersebut juga meminta pedagang dan pengunjung pasar untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap barang berharganya.

Sebab apabila tidak meningkatkan kewaspadaan saat bertransaksi serta berbelanja di kawasan setempat, takutnya akan menjadi incaran para pelaku kejahatan yang memang sengaja mengincar para korbannya.

"Maka dari itu, kami patroli keliling ke daerah-daerah yang diduga rawan tindak kriminalitas seperti di kawasan toko perhiasan serta lain sebagainya, sehingga pelaku kejahatan tidak bisa dengan leluasa bergerak," ungkap Agus.

Bintara Polri berpangkat kelelawar satu itu menegaskan, setiap kali melakukan patroli dialogis di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya dirinya juga memberikan tips kepada para pedagang disana terkait upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalkan resiko menjadi korban dari aksi kejahatan para pelaku kriminalitas.


"Saat menjaga toko upayakan dilakukan oleh minimal dua orang, hindari meninggalkan toko dalam keadaan kosong pada saat jam buka, serta pasanglah peralatan keamanan seperti gembok, kunci etalase perhiasan hingga CCTV," bebernya.

Sembari menyampaikan pesan tersebut, Agus bersama rekannya pun juga menyosialisasikan pelayanan masyarakat pada ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu yang disiapkan Polsek Pahandut pada markas komandonya untuk menerima laporan maupun aduan masyarakat.

"Pelayanan SPKT Polsek Pahandut selalu siap selama 1x24 jam setiap harinya, yang akan menerima laporan maupun aduan masyarakat. Silahkan datang apabila memerlukan bantuan maupun pelayanan dari kami," demikian Aipda Agus Triyanto.
 

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024