Pangkalan Bun (ANTARA) - Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Tengah Ny Dewi Nanang Avianto bersama Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalimantan Tengah Irjen Ida Oetari Purnamasasi memberi bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Kotawaringin Barat. 

"Tolong tetap di jaga staminanya, karena prediksi dari BMKG banjir ini masih cukup lama," kata Kapolda Kalteng Irjen Nanang Avianto melalui Wakapolda Irjen Ida Oetari Purnamasasi di Pangkalan Bun, Rabu. 

Kegiatan dalam rangka Bhayangkari peduli korban banjir di Kabupaten Kotawaringin Barat tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Kobar. Kegiatan diisi dengan doa bersama yang dipimpin oleh masing-masing tokoh agama. 

Kunjungan Wakapolda dan Ketua Bhayangkari tersebut juga sekaligus penyerahan bantuan sembako bagi korban banjir yang terjadi di Kabupaten Kobar. 

Nanang Avianto pada sambutannya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh Bhayangkari dan Polwan yang sudah berjibaku membantu korban banjir. 

Baca juga: Aksi Sapta Pesona Kalteng bersihkan desa wisata Pasir Panjang Kobar

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Dewi Nanang Avianto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah kecil dari Bhayangkari ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang terdampak banjir. 

"Kami sebagai Bhayangkari tentu selalu berada di belakang suami kami yang bertugas sebagai Polri. Seperti yang terjadi saat ini, kami pun siap untuk menjadi pelayan masyarakat untuk mengurangi beban mereka yang terdampak banjir," ujarnya. 

Polri, Polwan dan Bhayangkari tidak hanya memberikan bantuan sembako, medis dan kebutuhan lain, tetapi juga  bisa memberikan "trauma healing" kepada anak-anak korban banjir nantinya. 

"Itu satu paket, selain memberikan kepastian keamanan harta benda yang mereka tinggalkan saat mengungsi, juga perlu adanya trauma healing terhadap anak-anak korban banjir," katanya. 

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono mengatakan bahwa jajarannya terus melakukan Upaya mitigasi berupa memberikan himbauan untuk mengurangi risiko saat terjadinya bencana. 

"Selain itu kami juga terus melakukan pemberian bantuan sosial," demikian Kapolres. 

Baca juga: Yoga Permana pimpinan Kodim 1014 Pangkalan Bun

Baca juga: Pemprov Kalteng kirim perahu optimalkan penanganan banjir di Kobar

Baca juga: Kegiatan Karsa Mandau disambut antusias pemohon paspor di Kobar

Pewarta : M Husein Asyari
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024